Kentang Berbahaya Bagi Ibu Hamil, Benarkah?

By Gisela Niken, Minggu, 14 Februari 2016 | 19:00 WIB
Kentang Berbahaya Bagi Ibu Hamil, Benarkah? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sebuah studi membuktikan, mengonsumsi berbagai olahan kentang berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes pada ibu hamil. Bahaya kentang bagi ibu hamil ini dibuktikan oleh National Institutes of Health.

Para peneliti melihat bahwa jika seseorang ingin hamil, Mama perlu menghindari kentang. Jika dikonsumsi, makanan yang mengandung glisemik yang tinggi ini dapat berpotensi menimbulkan darah tinggi dan berlanjut pada diabetes selama kehamilan yang disebut diabetes gestasional.

Dalam penelitian ini sebanyak 15.000 wanita yang tidak memiliki riwayat diabetes dievaluasi selama 10 tahun. Setiap empat tahun sekali, para peneliti melakukan pendataan terhadap kesehatan para wanita tersebut.

Para wanita tersebut secara khusus beberapa kali dalam sehari mengonsumsi berbagai olahan kentang. Olahan kentang antara lain dipanggang, direbus, dijadikan mash potato hingga digoreng.Baca juga: Terungkap! Ini Rahasia Kentang Renyah Ala Resto Cepat Saji 

Hasilnya, terdapat bahaya kentang bagi ibu hamil. Para wanita yang sedang dalam masa percobaan mengonsumsi kentang terbukti memiliki peluang lebih banyak untuk terkena risiko diabetes gestasional. Para ahli menyarankan Mama untuk mengurangi konsumsi kentang dan menggantinya dengan sayuran. (Niken/Parents)