Berhubungan Intim Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit, Ini Tipsnya

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Rabu, 19 Juni 2024 | 20:30 WIB
Manfaat hubungan intim untuk kecantikan kulit (Freepik)

Nakita.id - Memiliki kulit sehat dan bersinar ternyata bisa didapatkan selain dengan perawatan saja.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa aktivitas seksual bisa memperbaiki penampilan seseorang.

Seks tidak hanya dapat membuat kita merasa nyaman, tetapi juga dapat membantu tampil menarik, menurut para ahli perawatan kulit.

“Seks dapat meningkatkan sirkulasi darah, memungkinkan oksigen dan nutrisi mencapai sel lebih cepat. Setelah berhubungan seks, kulit kita tampak lebih teroksigenasi dan kenyal, dengan kulit cerah dan bibir merah muda,” kata pendiri perusahaan perawatan wajah dan perawatan kulit Teresa Tarmey kepada The Standard.

“Seks juga dapat meningkatkan produksi kolagen, yang berperan penting dalam pembentukan dan regenerasi kulit, sehingga mengurangi kerutan.”

Marie Morice, seksolog klinis dan pendiri Lilith Your Life, juga menyebutkan adanya “berbagai efek kesehatan dan kecantikan dari membakar kalori, mengurangi tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan rasa sakit, hingga membantu kesehatan jantung.”

Dia menambahkan bahwa seks dapat menjadi “obat tidur yang luar biasa – dan tidur setelah berhubungan seks bersifat memulihkan, sehingga kita akan bangun dengan perasaan segar, dengan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.”

Bercinta juga terbukti membantu mengurangi stres, yang pada gilirannya menurunkan peluang seseorang terkena jerawat.

“Jika kita menurunkan hormon stres kortisol, jumlah minyak yang diproduksi akan berkurang, yang berarti unit pilosebaceous cenderung tidak menimbulkan jerawat,” kata Pam Marshall, ahli kecantikan klinis.

Namun jangan khawatir jika kamu lajang dan tidak ingin bercinta.

Para ahli mencatat bahwa kita tidak harus memiliki pasangan untuk mencapai klimaks dan mencapai tujuan kulit yang sehat.

Baca Juga: Melakukan Hubungan Intim Ampuh Menyembuhkan Sakit Kepala dan Flu