Didik Generasi Alpha, Apa Saja yang Harus Moms Harus Upgrade untuk Dukung Tumbuh Kembangnya?

By Content Marketing ADV, Kamis, 27 Juni 2024 | 10:00 WIB
Ilustrasi generasi alpha (DOK. Shutterstock)

Nakita.id - Generasi alpha atau anak yang lahir di antara tahun 2010 dan 2025 sering disebut sebagai generasi yang lebih unggul dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

Mereka tumbuh di era teknologi yang berkembang pesat, sehingga memiliki kemampuan adaptasi terhadap teknologi digital yang jauh lebih fasih dibandingkan generasi sebelumnya.

Karena hidup di era teknologi yang semakin canggih, kebutuhan dan tantangan Generasi Alpha pun berbeda dari generasi sebelumnya. 

Generasi alpha dituntut untuk adaptif terhadap perubahan yang cepat, berpikir kritis dan kreatif, multitasking dalam berbagai hal, dan harus terus belajar (progressive learning) untuk dapat menjawab tantangan di masa depan.

Sebagai orang tua, parenting style yang Moms terapkan untuk mendidik si kecil pun harus di-upgrade. Tidak hanya itu, Moms juga perlu meng-upgrade cara mendukung tumbuh kembang si kecil agar tumbuh kembang mereka optimal.

Salah satu aspek penting yang perlu Moms perhatikan dalam tumbuh kembang si kecil adalah kesehatan pencernaannya.

Pencernaan yang sehat tidak hanya ditandai dengan buang air besar yang lancar, tapi juga terserapnya gizi secara optimal.

Kesehatan pencernaan ini memegang peranan sebesar 70 persen  untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil.

Apabila pencernaannya sehat, asupan gizi si kecil akan terserap optimal, sehingga daya tahan tubuhnya kuat, tidak mudah sakit, perkembangan otaknya pun akan optimal.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh si kecil, ada banyak cara yang bisa Moms lakukan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tipsnya.

  1. Perbanyak aktivitas fisik

Aktivitas fisik baik untuk melancarkan pencernaan dan menjaga berat badan ideal.

Moms bisa mengajak si kecil bermain di luar ruangan, bersepeda, atau melakukan aktivitas fisik seperti berjalan di area pekarangan rumah.