Dukung Si Kecil Jadi Anak Cerdas Serba Bisa, Berikan Susu Pertumbuhan yang Tepat!

By Yussy Maulia, Rabu, 26 Juni 2024 | 15:26 WIB
Ilustrasi Moms bahagia bersama si kecil yang cerdas dan serba bisa. (Shutterstock)

Nakita.ID – Mendidik si kecil agar tumbuh menjadi anak yang cerdas dan serba bisa dalam banyak hal tentunya menjadi cita-cita para Moms.

Untuk mewujudkan hal itu, kesehatan si kecil menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Sebab, ketika tubuhnya sehat, si kecil bisa belajar, diberi stimulasi, dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dengan bebas.

Nah, apakah Moms tahu? Sekitar 70 persen sistem imun manusia dipengaruhi oleh kesehatan pencernaan. Tak heran jika makanan dan minuman yang dikonsumsi si kecil sangat berpengaruh terhadap kesehatan hingga proses tumbuh dan kembangnya.

Secara alami, dalam sistem pencernaan manusia terdapat bakteri baik dan jahat. Bakteri baik, yang disebut probiotik, berperan untuk melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan tubuh.

Baca Juga: Mengenal Faktor dan Pengaruh Stunting Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Bakteri baik juga dapat berpengaruh pada fungsi dan perkembangan otak si kecil. Penelitian menemukan bahwa bakteri baik usus dapat mendorong produksi zat kimia yang berfungsi untuk mengantarkan sinyal dan informasi dari atau ke otak (neurotransmitter).

Ada banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk memelihara bakteri baik dalam usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan si kecil, mulai dari mengonsumsi serat hingga upgrade susu pertumbuhannya.

Yuk, simak tipsnya, Moms!

  1. Perbanyak konsumsi serat

Serat merupakan jenis prebiotik yang dapat memelihara bakteri baik di usus. Selain itu, serat juga dapat menyerap lebih banyak air untuk usus, sehingga tekstur tinja menjadi lebih lembut dan buang air besar menjadi lebih lancar.

Serat dapat diperoleh dengan mengonsumsi sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, dan roti gandum.

  1. Berikan makanan yang bervariasi

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi adalah sebuah keharusan. Namun, Moms juga perlu memberikan makanan yang bervariasi kepada si kecil.

Ini karena setiap makanan mengandung nutrisi yang berbeda. Dengan mengonsumsi makanan sehat yang bervariasi, si kecil dapat memperoleh beragam nutrisi yang bisa mendukung tumbuh dan kembangnya.