Amankah Menyusui Saat Sedang Hamil Muda? Berikut Mitos dan Faktanya

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Rabu, 3 Juli 2024 | 12:30 WIB
Amankah menyusui saat sedang hamil muda? (Freepik)

Nakita.id - Menyusui adalah proses alami yang memberikan banyak manfaat baik untuk Moms maupun bayi.

Namun, pertanyaan sering muncul tentang keamanan menyusui saat seorang Moms kembali hamil, terutama pada kehamilan muda.

Artikel ini akan membahas apakah aman untuk melanjutkan menyusui selama kehamilan dan faktor-faktor apa yang perlu dipertimbangkan, melansir dari Pregnancy.

Keamanan Menyusui Saat Hamil

Secara umum, menyusui saat hamil adalah aman bagi sebagian besar wanita.

Banyak ahli kesehatan menyatakan bahwa Moms yang sehat dan kehamilannya tidak berisiko tinggi dapat melanjutkan menyusui tanpa masalah.

Namun, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan:

1. Kesehatan Ibu dan Janin:

Jika Moms mengalami kehamilan yang berisiko tinggi atau komplikasi seperti pendarahan, riwayat persalinan prematur, atau rahim lemah (inkompetensi serviks), dokter mungkin akan menyarankan untuk menghentikan menyusui.

Moms yang mengalami mual dan muntah hebat (hiperemesis gravidarum) mungkin juga perlu mempertimbangkan untuk berhenti menyusui untuk menjaga kesehatannya.

2. Produksi ASI:

Pada beberapa kasus, produksi ASI mungkin berkurang karena perubahan hormon selama kehamilan. Ini dapat mempengaruhi pasokan ASI untuk bayi yang sedang disusui.

Kualitas ASI juga dapat berubah, terutama selama trimester kedua dan ketiga, karena kolostrum mulai diproduksi untuk persiapan kelahiran bayi berikutnya.