Trik Mengatasi Gangguan di Akhir Kehamilan

By Gisela Niken, Senin, 8 Februari 2016 | 21:30 WIB
Trik Mengatasi Gangguan di Akhir Kehamilan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Mungkin banyak perubahan yang Mama alami di trimester akhir kehamilan. Janin yang semakin membesar serta produksi hormon yang semakin tinggi membuat banyak perubahan terjadi pada diri Mama. Untuk mengatasi gangguan di akhir kehamilan ini, lakukan beberapa trik berikut.

1. Ketika kelelahanJanin yang semakin besar memicu terjadinya perubahan pada organ tubuh Mama. Tubuh menjadi semakin meregang. Akibatnya, tubuh Mama jadi jauh lebih lelah. Untuk mengatasinya Mama hanya perlu melakukan kegiatan kecil seperti jalan-jalan di sekitar rumah. Jika masih kuat, Mama juga bisa melakukan renang dan yoga.

Jika Mama sedang bekerja, sempatkan waktu untuk beristirahat sejenak atau sekadar menutupkan mata agar jauh lebih rileks. Tak lupa Mama juga perlu lebih sering ngemil agar si kecil tetap mendapatkan nutrisi yang cukup. Camilan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks sangat dianjurkan.

2. Sering pipisJanin yang membesar membuat tekanan pada kantung kemih Mama. Jadi jangan kaget jika Mama jadi lebih sering pipis. Untuk mengatasinya Mama hanya perlu buang air kecil sesuai jadwal, misalnya setiap satu jam atau dua jam sekali. Setelah itu, Mama bisa mencoba dengan rentang waktu yang lebih panjang seperti setiap tiga jam sekali. Mama jangan lupa tetap minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

3. Rasa mulasHormon yang bekerja saat Mama hamil membuat perut menjadi lebih sering mulas. Karena itu, hindari makanan yang dapat memicu mulas. Mama harus mengurangi makanan berminyak, kafein, soda, dan makanan yang pedas serta asam. Selain itu, hindari makan sebelum tidur dan makan dengan posisi badan tegak.

4. Nyeri kakiMama jangan terlalu sering duduk atau berdiri, ataupun menyilangkan kaki. Usahakan sering berganti posisi. Jika memungkinkan, sering-sering lah berbaring. Mama juga jangan menggunakan stoking atau kaus kaki setinggi lutut. Hal itu akan membuat peredaran darah di kaki tidak lancar. Saat selesai beraktivitas, rendamlah kaki ke dalam air hangat.

5. Mimpi anehBanyak studi menunjukkan, mama yang sudah dekat dengan waktu kelahiran biasanya sering merasakan mimpi aneh. Mimpi-mimpi yang paling sering terjadi antara lain takut kehilangan bayi, nyeri persalinan, hingga bermimpi menjadi ibu yang tidak baik. Supaya tidak terlalu memikirkan hal-hal buruk mengenai persalinan, coba lah berbagi mengenai kekhawatiran Mama dengan Papa ataupun keluarga terdekat.

Gangguan di akhir kehamilan memang biasa terjadi. Mama enggak usah terlalu stres, ya.

(Niken/ Parenting)