Manfaat Ikan Bandeng untuk Ibu Hamil dan Janin

By Dini, Minggu, 7 Februari 2016 | 23:00 WIB
Manfaat Ikan Bandeng untuk Ibu Hamil dan Janin (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, ikan bandeng banyak diburu. Bagi warga Tionghoa, bandeng memang mengandung makna rezeki, kebahagiaan, dan keberuntungan.

Terlepas dari maknanya, bandeng punya citarasa yang lezat. Dan, meskipun durinya yang banyak kurang disukai, manfaat ikan bandeng sebagai sumber gizi tidak dapat diabaikan. Bahkan, manfaat ikan bandeng untuk ibu hamil dan anak sangat hebat!

Berdasarkan informasi dari situs Infopeternakan.com edisi 10 April 2015, Deniarko menuliskan, ikan bandeng kaya gizi. Menurut pengujian yang telah dilakukan, ikan bandeng memiliki kandungan omega 3 lebih banyak dibandingkan dengan jenis ikan lain. Pada ikan bandeng, kandungan omega 3 sebesar 14,2 persen, sementara ikan lainnya seperti sardin mengandung 3,9 persen, salmon (2,6 persen), dan tuna (0,2 persen).Asam lemak omega terdiri dari omega 3, 6, dan 9. Omega 3 merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi tubuh manusia. Omega 3 penting sebagai asam lemak esensial yang terbentuk dari asam lemak seperti EPA (eicosapentaenoic acid), DHA (docosahexaenoic acid), dan ALA (A-linolenat).Jika rajin mengonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak seperti terkandung di bandeng setiap hari tanpa berlebihan, hal itu bisa membantu perkembangan otak dan memori anak-anak, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, menyehatkan mata, dan mengurangi depresi. Omega 3 juga baik untuk ibu hamil guna meningkatkan air susu ibu dan kualitasnya. Anak yang dilahirkan pun lebih sehat dan cerdas.Selain omega 3, kandungan protein pada bandeng sebesar 20,38 persen, lebih tinggi daripada beberapa ikan lain. Mengonsumsi bandeng dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh. Tingginya kandungan gizi pada bandeng dapat mencegah penyakit jantung koroner, juga meningkatkan daya tahan tubuh.Konsumsi rutin ikan bandeng dapat mencegah penyakit kekurangan gizi mikro dan dapat membantu pertumbuhan sistem saraf serta perkembangan otak. Manfaat ikan bandeng lainnya adalah dapat mengurangi risiko hipertensi.

Makin percaya kan, dengan manfaat ikan bandeng untuk ibu hamil dan janin? Karena itu sajikan ikan bandeng di meja makan Mama mulai sekarang!

(Harian KOMPAS)