BERITA POPULER: Cara Efektif Menghilangkan Bau Kencing Kucing di Kasur hingga Mengobati Sakit Gigi dengan Garam

By Diah Puspita Ningrum, Rabu, 10 Juli 2024 | 14:00 WIB
BERITA POPULER: Cara menghilangkan bau kencing kucing hingga mengobati sakit gigi (Freepik)

Nakita.id - Berikut ini sejumlah berita terpopuler yang dirangkum oleh Nakita pada hari Rabu (10/7/2024).

1. Kunci Keamanan Pangan untuk Keluarga, Ini 5 Cara Sederhana untuk Menerapkannya

Keamanan pangan adalah hal yang sangat penting untuk dipahami dan diperhatikan oleh setiap keluarga. Memastikan makanan sehat dan aman untuk dimakan adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Pasalnya, banyak masalah kesehatan dapat timbul jika makanan tidak diproses, disimpan, dimasak, dan disajikan dengan benar.

Untuk mencegah hal itu terjadi, salah satu yang bisa Moms dan Dads lakukan adalah dengan menerapkan kunci keamanan pangan.

Dalam acara World Food Safety Day (WFSD) Expo 2024 x Zestival, BPOM menjelaskan apa yang dimaksud dengan lima kunci keamanan pangan.

“Kunci keamanan pangan untuk keluarga ada lima, yaitu membeli pangan dengan aman, menyimpan pangan dengan aman, memasak atau mengolah, penyajian makanan, dan terakhir menjaga kebersihan. Lima kunci tersebut yang menjadi dasarnya.” jelas Dra. Dyah Sulistyorini, Apt., M.Sc, Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Madya.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan terkait lima kunci keamanan pangan:

1. Membeli makanan yang aman

Sebelum membeli makanan, hal pertama yang harus Moms dan Dads lakukan adalah cek KLIK. KLIK merupakan program dan kampanye BPOM kepanjangan dari Kemasan, Label makanan, Izin edar, dan Kedaluwarsa.

“Pertama, cek apakah kemasan makanan masih bagus atau sudah bocor/terbuka. Kemudian, label makanan harus terlihat apa nama produknya, produksi siapa. Ketiga adalah izin edar. Izin edar bisa dari BPOM RI MD, BPOM RI ML, ada juga PIRT atau pangan industri rumah tangga.” ujar Dyah.

Baca selengkapnya di sini