Cara Terbaik Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak, Pastikan Nutrisi, Stimulasi, dan Pola Asuhnya Tepat

By Ratnaningtyas Winahyu, Minggu, 14 Juli 2024 | 12:00 WIB
Cara mengoptimalkan tumbuh kembang anak (Freepik.com/Lifestylememory)

Nakita.id – Periode emas tumbuh kembang anak perlu didukung oleh nutrisi, stimulasi dan perawatan yang memadai sejak dini.

Peranan nutrisi dan stimulasi yang tepat serta perawatan terbaik untuk Si Kecil, dilengkapi dengan pola pengasuhan yang baik dapat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.

Sayangnya, di Indonesia masih banyak anak yang tidak mendapatkan pola pengasuhan yang tepat.

Contohnya, penggunaan gadget pada anak dalam durasi yang cukup lama setiap harinya.

Temuan KPAI menyebutkan rata-rata anak menghabiskan waktu 6 jam per hari menggunakan gadget untuk menonton video, bermain gim dan media sosial.

Berangkat dari kondisi tersebut, Tempo Scan Group menggelar event anak "Explore Wonderland".

Winny Yunitawati, Managing Director Brand Investment & Consumer Engagement CCHC, Tempo Scan Group mengatakan bahwa “Orang tua memiliki peranan penting dalam pola pengasuhan anak mulai dari memberi asupan nutrisi yang tepat dan seimbang, memberikan perawatan terbaik, serta stimulasi yang optimal termasuk pemanfaatan teknologi atau gadget secara bijak, terutama selama periode emas pertumbuhan anak karena hal tersebut memiliki dampak jangka panjang yang signifikan untuk membangun fondasi yang kuat bagi perkembangan mereka di fase selanjutnya,” ujarnya.

Winny menjelaskan, “Explore Wonderland" yang mengusung tema "Jelajahi 3 Dunia Penuh dengan Keajaiban", merupakan tempat ideal bagi orang tua untuk mengeksplorasi cara terbaik dalam mendukung perkembangan anak-anak.

Acara ini menawarkan berbagai wahana permainan yang dapat mengembangkan kreativitas anak dan memperkenalkan mereka pada dunia imajinasi yang unik dan menarik.

Anak-anak dapat menikmati pengalaman seru di Jungle Land, Ice Land, dan Under the Sea, yang dirancang untuk membantu mengembangkan kecerdasan spasial, meningkatkan kemampuan sosial, dan  kerja sama dalam memecahkan masalah (problem solving) untuk mendukung anak cerdas serba bisa.

“Hal ini sejalan dengan visi misi Tempo Scan Group yang selalu berinovasi tanpa batas untuk menghadirkan produk unggulan yang dapat selalu mendukung tumbuh kembang anak Indonesia agar kelak dapat menjadi generasi unggul yang cerdas, kreatif, adaptif dan serba bisa.” tutup Winny.

Baca Juga: Hari Anak Nasional 2024: Cara Orang Tua Mengobati Kecanduan Gadget pada Anak