Efek Makanan Pedas untuk Ibu Hamil

By Dini, Selasa, 9 Februari 2016 | 02:00 WIB
Efek Makanan Pedas untuk Ibu Hamil (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Makanan pedas dianggap lebih menggugah selera, tidak heran jika kaum perempuan umumnya suka makanan pedas. Bahkan ibu hamil pun seringkali tak bisa berhenti makan makanan pedas. Masalahnya, ada enggak sih efek makanan pedas untuk ibu hamil?

Rasa pedas pada makanan tidak hanya disebabkan oleh cabai, bisa juga oleh rempah-rempah dan bumbu lain. Rempah dalam makanan mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dan, makanan pedas pun tidak memberi pengaruh buruk bagi ibu maupun bayi di dalam kandungan. Hanya saja, Mama akan mengalami rasa tak nyaman, karena ada beberapa efek makanan pedas untuk ibu hamil, yaitu:

Perubahan hormonKetika Mama mengonsumsi makanan pedas, hormon-hormon yang diproduksi oleh ibu hamil bisa memengaruhi otot-otot perut. Makanan pedas bisa memperlambat otot-otot yang mendorong makanan dari pipa makanan menuju perut, dan otot-otot yang berfungsi mencerna makanan.

Asam lambungKetika Mama hamil, hormon progesteron akan membuat otot-otot dan pembuluh darah menjadi relaks. Hormon tersebut akan membuat relaks katup pada dasar kerongkongan sehingga ketika ada asam lambung lebih banyak di dalam perut, asam  akan merayap naik ke kerongkongan dengan mudah. Hal ini akan bertambah parah jika Mama mengonsumsi makanan pedas menjelang akhir masa kehamilan. Tekanan pada perut yang semakin membesar akan memaksa asam naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa mulas.

MulasRasa mulas umumnya terjadi pada bulan keempat kehamilan. Hal ini ditandai dengan sensasi rasa terbakar yang dimulai dari dasar tulang dada, berlanjut ke bagian bawah tenggorokan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rasa mulas, di antaranya adalah makanan mentah seperti bawang merah atau bawang putih dengan aroma yang tajam, dan ketika dikunyah baunya menjadi tidak enak. Makanan berminyak dan berlemak mudah naik ke kerongkongan. Konsumsi minum yang mengandung berkafein, pengobatan yang menyebabkan kadar keasaman naik, melahap banyak makanan sehingga menimbulkan sendawa atau cegukan, dan menyebabkan makanan terdorong naik menuju kerongkongan.

Mual-muntah pada pagi hariBagi sebagian orang, makanan pedas bisa memicu mual-muntah pada pagi hari. Aroma makanan pedas bisa menyebabkan mual dan muntah selama kehamilan. Bayangkan kalau rasa mual itu ditambah lagi dengan rasa mulas di perut. Pasti enggak nyaman, kan?

Maka boleh dibilang, makan makanan pedas selama kehamilan itu tidak berbahaya. Hanya saja, akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Asal, Mama tidak makan secara berlebihan. Hindari makan dengan porsi besar untuk membuat makanan lebih cepat dicerna.

(Dini/Momjunction/Baby Center)