Melahirkan dengan Bahagia, Bagaimana Caranya?

By Gisela Niken, Jumat, 5 Februari 2016 | 03:00 WIB
Melahirkan dengan Bahagia, Bagaimana Caranya? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Bicara soal melahirkan pasti Mama sudah membayangkan sakit yang akan dirasakan. Apalagi untuk Mama yang baru pertama kali melahirkan. Apakah mungkin Mama melahirkan tanpa rasa sakit? Meskipun tidak mungkin, Mama bisa lo mencoba melahirkan dengan bahagia.

1. Ubah cara berpikirApa yang Mama pikirkan sangat berhubungan dengan keadaan fisik yang dirasakan. Saat merasakan kontraksi, cobalah memikirkan hal tersebut adalah lonjakan dari si kecil. Anggap itulah cara si bayi mengekspresikan kebahagiaan karena ingin segera melihat Mama.

2. Atur lingkungan sekitarSelama menunggu proses kelahiran, atur ruangan senyaman mungkin. Misalnya dengan membiarkan ruangan menjadi redup agar Mama bisa lebih santai. Tidak hanya itu, Mama bisa mendengarkan musik yang menenangkan dan menghirup aroma terapi. Lakukan apa saja yang membuat hari Mama tenang agar dapat melahirkan dengan bahagia.

3. Minum air hangatAir hangat dapat merenggangkan otot Mama yang menjadi tegang saat menanti kelahiran. Mama akan jauh lebih rileks setelah meminum air hangat. Selain itu, Mama juga bisa mencoba mandi air hangat.

4. Bicara dengan si kecilSakit yang Mama rasakan jangan sampai mengganggu hubungan Mama dengan si kecil. Alihkan pikiran Mama dengan terus berbicara dengan si kecil. Ucapkan apa saja dari hati Mama kepadanya. Hal itu akan membuat Mama bersemangat untuk cepat-cepat bisa menggendongnya. Kalau sudah begini, jangan kaget kalau Mama bisa melahirkan dengan bahagia.(Niken/Babble)