Konsep Dasar Fungsi pada Matematika di Buku Kemdikbud Kelas XI SMA

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 24 Juli 2024 | 17:15 WIB
Konsep Dasar Fungsi pada Matematika di Buku Kemdikbud Kelas XI SMA (https://static.buku.kemdikbud.go.id/)

Nakita.id - Fungsi adalah konsep dasar dalam matematika yang menghubungkan satu anggota dari suatu himpunan dengan tepat satu anggota di himpunan lainnya.

Fungsi sering dinyatakan dalam bentuk \( f(x) = y \), di mana \( f \) adalah fungsi, \( x \) merupakan variabel masukan (input), dan \( y \) adalah variabel keluaran (output).

Konsep ini dapat dianalogikan dengan mesin yang mengolah masukan dan menghasilkan keluaran.

Fungsi dan Bukan Fungsi

Tidak semua relasi antara dua himpunan adalah fungsi.

Untuk menjadi fungsi, setiap elemen dari himpunan input harus dipetakan ke tepat satu elemen dari himpunan output.

Sebaliknya, jika ada elemen dari himpunan input yang dipetakan ke lebih dari satu elemen dari himpunan output, maka relasi tersebut bukanlah fungsi.

Contoh Diagram Panah

Pertimbangkan tiga diagram panah berikut:

- Gambar 1.6 (a) dan (b): Relasi ini adalah fungsi karena setiap anggota himpunan input dipetakan ke tepat satu anggota himpunan output.

- Gambar 1.6 (c): Relasi ini bukan fungsi karena satu anggota himpunan input, yaitu "q", dipetakan ke dua anggota himpunan output, yaitu "y" dan "z".

Tes Garis Vertikal

Salah satu cara untuk menentukan apakah suatu relasi yang digambarkan sebagai grafik adalah fungsi atau bukan adalah dengan menggunakan Tes Garis Vertikal.

Caranya adalah dengan menggeser garis vertikal dari kiri ke kanan dan melihat berapa kali garis vertikal tersebut memotong grafik:

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal Latihan Halaman 269 tentang Kekuatan Kata Sandi, Matematika Tingkat Lanjut Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka