Mandi Saja Tidak Cukup, Begini Cara Merawat Rambut dan Badan Bayi dengan Tepat

By Ratnaningtyas Winahyu, Minggu, 28 Juli 2024 | 17:00 WIB
Merawat rambut dan badan bayi perlu dilakukan dengan tepat (Freepik.com/prostooleh)

Nakita.id – Merawat rambut dan badan bayi dengan tepat merupakan salah dua aspek penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan Si Kecil. Pasalnya, bayi memiliki kulit dan rambut yang lebih lembut dan sensitif dibandingkan orang dewasa, sehingga memerlukan perawatan khusus.

Perawatan yang tepat tidak hanya menjaga kebersihan, tetapi juga mencegah berbagai masalah kulit seperti iritasi, ruam, dan infeksi. Selain itu, rutinitas perawatan yang baik juga membantu membangun ikatan emosional antara orang tua dan bayi, memberikan rasa aman dan nyaman bagi Si Kecil.

Rambut bayi, meskipun belum banyak, tetap memerlukan perhatian khusus. Penggunaan produk yang tidak sesuai atau cara perawatan yang salah dapat merusak kulit kepala bayi yang sensitif.

Pemilihan sampo yang lembut, frekuensi mencuci yang tepat, dan penyisiran dengan hati-hati adalah beberapa langkah penting dalam merawat rambut bayi.

Sama halnya dengan perawatan badan, kulit bayi sangat rentan terhadap berbagai masalah meski Si Kecil sudah mandi dengan rutin.

Penggunaan sabun yang terlalu keras, suhu air yang tidak sesuai, atau cara mengeringkan yang salah dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit bayi.

"Mandi bukan hanya tentang membersihkan tubuh, tetapi juga upaya menjaga kesehatan yang paling sederhana. Terkesan gampang karena biasa dilakukan setiap hari, aktivitas ini perlu didukung dengan produk personal care yang tepat. Lebih-lebih bagi bayi dan anak-anak, produk sabun dan sampo harus membantu mencegah dan melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering, ruam, gatal dan iritasi.” jelas dr. Dimple Gobind Nagrani, Sp.A, Dokter Spesialis Anak.

Risiko gangguan kulit tersebut pun semakin berpotensi terjadi terhadap bayi maupun anak-anak.

Cuaca tak menentu, kebersihan lingkungan yang belum terstandarisasi dan polusi yang kian mengancam, turut mengakibatkan kemunculan dan persebaran radikal bebas, yang paparannya bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi dan anak-anak.    

“Situasi yang semakin menantang membutuhkan perlindungan lebih kuat. Pemakaian produk personal care yang mengandung bahan alami setiap hari dapat memberikan manfaat mandi yang lebih optimal. Selain bebas risiko iritasi, secara tidak langsung juga memberikan ketenangan bagi para orang tua ketika anak-anak  melakukan aktivitas di luar ruangan, karena merasa telah terlindungi oleh produk personal care yang berkualitas.” sambungnya.

Nah, cara mudah yang bisa Moms lakukan adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut dan badan bayi dengan tepat.

Baca Juga: Kesalahan Merawat Kulit Bayi yang Masih Sering Dilakukan Orangtua, Termasuk Mandi 2 Kali Sehari