Cuaca Kamis 15 Agustus 2024, BMKG Prediksi Hujan Lebat Terjadi

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 14 Agustus 2024 | 18:15 WIB
Cuaca Kamis 15 Agustus 2024 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Kamis, 15 Agustus 2024, cuaca di Indonesia diperkirakan akan dipengaruhi oleh sejumlah fenomena atmosfer yang menyebabkan hujan lebat di beberapa wilayah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan lebat yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang di sejumlah daerah.

Kondisi ini memerlukan perhatian dan kesiapsiagaan dari masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Cuaca Kamis 15 Agustus 2024

Menurut BMKG, hujan lebat yang diprediksi terjadi pada Kamis, 15 Agustus 2024, disebabkan oleh beberapa faktor atmosfer yang saling berinteraksi.

Salah satu yang paling dominan adalah adanya gangguan cuaca berupa belokan angin (shearline) dan daerah pertemuan angin (konvergensi) di sekitar wilayah Indonesia.

Fenomena ini menyebabkan peningkatan kelembapan udara di beberapa wilayah, yang kemudian mendukung pembentukan awan-awan hujan dengan intensitas tinggi.

Selain itu, terdapat pula pengaruh dari Madden-Julian Oscillation (MJO), yaitu gelombang atmosfer tropis yang bergerak dari barat ke timur di sepanjang wilayah ekuator.

Saat MJO aktif di wilayah Indonesia, potensi curah hujan dapat meningkat secara signifikan, terutama di wilayah-wilayah yang berada di jalur pergerakan MJO.

BMKG juga mencatat adanya sirkulasi siklonik di beberapa titik di sekitar perairan Indonesia.

Sirkulasi siklonik ini berperan dalam pembentukan awan-awan hujan, yang pada gilirannya meningkatkan potensi terjadinya hujan lebat di wilayah sekitarnya.

Semua faktor ini berkontribusi terhadap prediksi hujan lebat yang akan terjadi pada Kamis ini.

Baca Juga: Cuaca Rabu 14 Agustus 2024, Mana Wilayah yang Alami Hujan Lebat?