Mempersiapkan Masa Depan Anak, My Baby Momversity Berikan Edukasi Raising Future Ready Kids Bagi Orang Tua

By Poetri Hanzani, Senin, 2 September 2024 | 10:58 WIB
My Baby menggelar Roadshow Puncak MY BABY Momversity di Bintaro Exchange pada Sabtu, 31 Agustus 2024. (Siaran Pers My Baby)

Nakita.id -  Mempersiapkan anak untuk menghadapi masa depan merupakan tugas besar bagi setiap orang tua.

Dalam dunia yang terus berkembang dengan cepat, membekali anak dengan keterampilan dan nilai-nilai yang tepat sangat penting untuk membantu mereka menjadi individu yang tangguh dan sukses di masa depan.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil orang tua untuk membesarkan anak yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Di tengah era digital, ibu menjadi garda terdepan dalam menghadapi berbagai tantangan tumbuh kembang anak. Mulai dari perkembangan teknologi yang semakin meluas dan tidak menentu hingga memastikan anak tetap fokus di tengah paparan informasi yang semakin terbuka.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengumumkan jumlah pengguna internet Indonesia tahun 2024 mencapai 221.563.479 jiwa dengan tingkat penetrasi internet Indonesia menyentuh angka 79,5%.

Dibandingkan dengan periode sebelumnya, terdapat peningkatan 1,4%. Secara kelompok usia, jumlah Generasi Alfa yang menggunakan internet adalah 9,17% dari total pengguna keseluruhan.

Paparan teknologi dan internet pada Generasi Alfa dapat berdampak pada perkembangannya, seperti kurangnya waktu istirahat, menurunnya kualitas interaksi sosial, tumbuhnya rasa tidak percaya diri, berkurangnya aktivitas fisik, kurang memiliki sifat eksploratif dan bahkan memiliki potensi gangguan kesehatan mental di kemudian hari.

Maka penting bagi orang tua untuk mengambil langkah-langkah mengimbangi paparan internet pada anak agar tidak menghambat proses tumbuh kembangnya.

Samanta Elsener, Psikolog Anak dan Keluarga