Ciri-ciri Nyeri Leher yang Harus Diwaspadai, Ketahui Sejak Awal

By Poetri Hanzani, Rabu, 4 September 2024 | 17:16 WIB
Mengetahui ciri-ciri nyeri leher yang harus diwaspadai. (freepik)

Nakita.id - Nyeri leher adalah keluhan umum yang bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Meskipun sering dianggap sepele, nyeri leher dapat menjadi tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri nyeri leher yang harus diwaspadai agar dapat mengambil tindakan yang tepat.

Ciri-ciri Nyeri Leher yang Harus Diwaspadai

1. Nyeri Leher yang Tidak Kunjung Sembuh

Nyeri leher yang berlangsung lebih dari beberapa hari atau minggu harus diwaspadai. Jika nyeri tidak kunjung reda meskipun sudah diobati dengan cara-cara sederhana seperti istirahat atau kompres hangat, ini bisa menjadi tanda adanya masalah yang lebih serius seperti hernia diskus atau spondilosis servikal.

2. Nyeri yang Menyebar ke Bahu dan Lengan

Jika nyeri leher disertai dengan rasa sakit yang menyebar ke bahu, lengan, atau bahkan tangan, hal ini bisa menjadi pertanda adanya tekanan pada saraf di tulang belakang leher. Kondisi ini disebut radikulopati servikal dan memerlukan perhatian medis segera.

3. Kaku Leher yang Mengganggu Aktivitas

Kaku leher yang membuat sulit untuk menggerakkan kepala ke kanan atau kiri, atau bahkan ke atas dan ke bawah, bisa menjadi tanda adanya cedera pada otot atau ligamen leher.

Kaku leher juga bisa disebabkan oleh peradangan atau infeksi, seperti meningitis, yang memerlukan penanganan segera.

4. Sensasi Kesemutan atau Mati Rasa

Jika nyeri leher disertai dengan sensasi kesemutan, mati rasa, atau kelemahan di lengan atau tangan, ini bisa menjadi tanda adanya masalah serius pada tulang belakang, seperti hernia diskus atau stenosis spinal. Kondisi ini memerlukan evaluasi lebih lanjut oleh dokter spesialis.

5. Nyeri Leher Disertai Sakit Kepala

Nyeri leher yang disertai dengan sakit kepala, terutama di bagian belakang kepala, bisa menjadi tanda adanya masalah pada tulang belakang leher atau otot-otot yang terkait.

Kondisi ini dikenal sebagai cervicogenic headache dan memerlukan penanganan yang tepat agar tidak semakin parah.

6. Kesulitan Menelan atau Bernafas

Jika nyeri leher disertai dengan kesulitan menelan atau bernafas, hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah serius seperti pembengkakan pada leher, cedera pada saluran pernapasan, atau bahkan adanya tumor. Jangan abaikan gejala ini dan segera cari bantuan medis.

Baca Juga: Sakit Leher Saat Hamil Jangan Dibiarkan Begitu Saja, Ini yang Harus Segera Dilakukan Sebelum Semakin Parah