Laman e-Meterai Syarat Pendaftaran CPNS Eror Jelang Penutupan, Akankah Diperpanjang?

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Kamis, 5 September 2024 | 11:30 WIB
Laman e-meterai eror, akankah pendaftaran CPNS 2024 diundur? (Nakita - Cynthia)

Nakita.id - Sejak Selasa (3/9/2024) banyak pelamar yang mengeluhkan sistem e-meterai yang tidak bisa diakses.

Hal ini membuat proses lamaran dan mengunggah berkas untuk syarat pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 terhambat.

Hambatan tersebut rupanya terjadi pada sistem e-meterai milik Peruri yang mengalami lonjakan traffic.

Gangguan tidak hanya terjadi di website e-meterai Peruri saja, tetapi juga website resmi lain, di antaranya skillacademy.com, materai.id, e-meterai.ive, bahkan pembelian di gerai Kantor Pos Indonesia.

Padahal, pendaftaran CPNS terakhir adalah besok, Jumat (6/9/2024).

Mengutip dari Kompas, menanggapi keluhan tersebut, melalui akun instagram resminya, Peruri menyampaikan penyebab website mengalami gangguan karena terjadi peningkatan traffic.

Oleh karena itu, Peruri menerapan sistem antrean untuk menjaga performa layanan.

"Saat ini, website kami sedang mengalami peningkatan traffic sehingga kami menerapkan sistem antrean agar tetap menjaga performa layanan dan dapat melayani seluruh user," bunyi keterangan pada unggahan Peruri, Rabu.

Selain itu, Corporate Secretary PT Pos Indonesia, Tata Sugiarta membenarkan bahwa Pos Indonesia saat ini juga belum bisa melayani pembelian e-meterai karena kendala sistem dari Peruri.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya hanya dapat menunggu informasi dari Peruri dan tidak bisa memastikan kapan layanan akan kembali beroperasi.

"E-meterai ini Peruri yang ditunjuk sebagai issuer. Pos adalah operator channel distribusi saja. Pemilik produknya Dirjen Pajak (DJP)," ujarnya, kepada Kompas.com, Rabu.

Baca Juga: e-Meterai Habis? Cara Beli e-Meterai di Indomaret dan Alfamart