Bayi 1 Bulan Bisa Kena Kanker? Coba Perhatikan Mata dan Dadanya

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 15 September 2024 | 15:00 WIB
Bayi 1 Bulan Bisa Kena Kanker? (Freepik)

Nakita.id - Kanker adalah salah satu penyakit yang jarang ditemukan pada bayi, terutama bayi yang baru berusia satu bulan.

Namun, meskipun kasus kanker pada bayi sangat jarang, penting untuk memahami bahwa kanker dapat terjadi pada usia berapa pun, termasuk bayi yang sangat muda.

Artikel ini akan membahas kemungkinan kanker pada bayi usia satu bulan, jenis kanker yang mungkin terjadi, gejala yang perlu diperhatikan, serta opsi pengobatan dan langkah-langkah pencegahan.

Apakah Bayi 1 Bulan Bisa Kena Kanker?

Secara umum, kanker pada bayi yang berusia satu bulan adalah kasus yang sangat jarang, tetapi tidak mustahil.

Kanker pada bayi sering kali berbeda dari kanker pada anak-anak yang lebih besar atau orang dewasa.

Pada bayi, kanker biasanya muncul sebagai tumor atau massa yang dapat berkembang dengan cepat.

Jenis kanker yang mungkin terjadi pada bayi usia satu bulan umumnya adalah kanker yang termasuk dalam kategori kanker anak-anak yang jarang, seperti:

- Neuroblastoma: Kanker ini berasal dari sel-sel saraf yang tidak matang, biasanya ditemukan pada sistem saraf simpatik. Neuroblastoma dapat muncul sebagai benjolan di perut, dada, atau area lain dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

- Leukemia: Kanker darah ini mempengaruhi sel-sel darah putih dan sumsum tulang. Leukemia pada bayi mungkin muncul sebagai kelelahan yang tidak biasa, pucat, atau infeksi yang sering.

- Retinoblastoma: Kanker ini mempengaruhi retina mata dan bisa muncul sebagai bintik putih atau refleksi mata yang tidak biasa ketika cahaya mengenai mata bayi.

- Tumor Wilms: Ini adalah kanker ginjal yang biasanya ditemukan pada anak-anak, tetapi dapat terjadi pada bayi. Tumor ini mungkin menyebabkan pembengkakan di perut.

Baca Juga: Kenali Penyebab BAB Bayi 1 Bulan Berbusa dan Cara Mengatasinya