8 Fungsi Airplane Mode di HP, Ternyata Tidak Dipakai di Dalam Pesawat!

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 16 September 2024 | 08:00 WIB
Fungsi Airplane Mode di HP (pixabay)

Nakita.id - Mode pesawat atau Airplane Mode adalah salah satu fitur penting yang terdapat pada hampir semua perangkat ponsel pintar atau smartphone.

Meskipun fungsi utamanya ditujukan untuk digunakan saat berada di dalam pesawat, fitur ini ternyata memiliki banyak kegunaan lain yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi banyak pengguna, Airplane Mode mungkin terlihat seperti fitur sederhana, tetapi memahami lebih dalam tentang cara kerjanya bisa membuka banyak manfaat yang mungkin belum Anda sadari.

Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang apa itu Airplane Mode, bagaimana cara kerjanya, dan fungsi-fungsi penting di luar penggunaannya dalam penerbangan.

Airplane Mode adalah fitur pada ponsel yang secara otomatis menonaktifkan semua koneksi nirkabel, termasuk sinyal seluler, Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS.

Ketika mode ini diaktifkan, ponsel Anda tidak akan terhubung ke jaringan seluler atau internet, tidak dapat menerima atau melakukan panggilan, mengirim pesan, maupun menggunakan data seluler.

Mode ini awalnya dirancang untuk digunakan selama penerbangan karena penggunaan perangkat elektronik yang memancarkan sinyal dapat mengganggu sistem navigasi dan komunikasi pesawat.

Oleh karena itu, penumpang diharuskan mengaktifkan Airplane Mode untuk mematikan sinyal transmisi selama penerbangan.

Fungsi Airplane Mode di HP

1. Fungsi Utama Airplane Mode di Pesawat

Fungsi utama Airplane Mode sesuai dengan namanya adalah untuk keamanan selama penerbangan.

Pesawat menggunakan berbagai sistem komunikasi dan navigasi yang sangat sensitif terhadap gelombang elektromagnetik.

Ponsel yang tidak dalam Airplane Mode terus memancarkan sinyal yang dapat mengganggu peralatan di dalam kokpit pesawat.

Baca Juga: Biaya Ganti Baterai iPhone, Ini Daftar Harga Sesuai dengan Serinya