Cuaca Jumat 13 September 2024, Manakah Wilayah yang Alami Hujan Lebat?

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 12 September 2024 | 17:45 WIB
Cuaca Jumat 13 September 2024 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Pada Jumat, 13 September 2024, beberapa wilayah di Indonesia diperkirakan akan mengalami kondisi cuaca yang cukup bervariasi, mulai dari cerah berawan hingga hujan lebat.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang akan terjadi di beberapa daerah.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk lebih waspada, terutama yang berada di wilayah rawan banjir dan longsor.

Cuaca Jumat 13 September 2024

Berikut adalah beberapa wilayah di Indonesia yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat serta daerah lain yang akan mengalami cuaca yang lebih bersahabat:

1. Sumatra

Aceh dan Sumatera Utara diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, terutama pada siang hingga malam hari.

Potensi hujan lebat ini disertai dengan angin kencang, sehingga masyarakat diimbau untuk berhati-hati terhadap kemungkinan banjir lokal dan pohon tumbang.

Riau dan Sumatera Barat juga diprediksi akan mengalami hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah.

Terutama di kawasan pesisir, potensi hujan diperkirakan cukup tinggi, sementara di wilayah pegunungan kemungkinan terjadi longsor akibat hujan deras yang terus berlanjut.

Bengkulu dan Lampung cenderung akan mengalami hujan lokal ringan hingga sedang, namun di wilayah perbukitan dan daerah dataran rendah tertentu, hujan lebat berpotensi turun pada sore hingga malam hari.

2. Jawa

DKI Jakarta diprediksi akan mengalami cuaca yang relatif berawan di pagi hingga siang hari.

Namun, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diperkirakan akan turun pada sore hari di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Baca Juga: Cuaca Rabu 11 September 2024, Wilayah Mana yang Alami Hujan Lebat?