Potensi Gempa Megathrust Selat Sunda, Daerah Mana yang Bisa Terdampak?

By Diah Puspita Ningrum, Rabu, 18 September 2024 | 12:00 WIB
Potensi gempa megathrust Selat Sunda (Pexels)

Nakita.id - Potensi gempa megathrust selat sudah sudah ramai digaungkan, daerah mana saja yang mungkin terdampak?

Indonesia merupakan salah satu negara yang rentan terhadap gempa bumi, terutama karena posisinya yang terletak di Cincin Api Pasifik.

Salah satu ancaman gempa besar yang mengintai Indonesia adalah potensi gempa megathrust.

Megathrust adalah gempa bumi besar yang terjadi di zona subduksi, di mana lempeng tektonik yang lebih berat menyusup di bawah lempeng yang lebih ringan.

Salah satu area yang diperkirakan berisiko mengalami gempa megathrust adalah Selat Sunda.

Selat Sunda adalah perairan yang memisahkan Pulau Jawa dan Sumatra, serta menjadi tempat bertemunya Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia.

Pergerakan kedua lempeng ini telah menyebabkan beberapa gempa besar di masa lalu, dan para ahli geologi memperingatkan bahwa ada potensi terjadinya gempa megathrust di wilayah ini dalam waktu mendatang.

Potensi Bahaya Gempa Megathrust Selat Sunda

Jika gempa megathrust terjadi di Selat Sunda, potensi dampaknya sangat besar, tidak hanya di wilayah sekitarnya tetapi juga pada skala regional.

Salah satu ancaman utama dari gempa megathrust adalah terjadinya tsunami, seperti yang terjadi pada gempa megathrust di Samudra Hindia pada tahun 2004 yang menyebabkan tsunami dahsyat di beberapa negara Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Potensi gempa megathrust di Selat Sunda diperkirakan dapat memicu tsunami besar, terutama di wilayah pesisir.

Selain itu, kekuatan gempa itu sendiri dapat menyebabkan kerusakan infrastruktur di daerah yang lebih jauh dari pusat gempa.

Baca Juga: BERITA POPULER: 10 Kementerian yang Sepi Peminat di CPNS 2024 hingga Daerah Potensi Gempa Megathrust di Indonesia