Dorong Program PAUD Berkualitas, Kemendikbudristek Luncurkan Majalah Paudpedia Edisi Perdana

By Content Marketing ADV, Rabu, 25 September 2024 | 17:19 WIB
Halaman cover Majalah Paudpedia Edisi I Tahun 2024. (Dok. Kemendikbudristek)

Nakita.id - Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merilis Majalah Paudpedia Edisi I Tahun 2024.

Majalah ini memuat sejumlah informasi tentang program-program prioritas hingga capaian kinerja Direktorat PAUD untuk mewujudkan visi “PAUD Berkualitas”.

Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek Komalasari mengatakan, majalah Paudpedia dihadirkan untuk membagikan pesan tentang pentingnya mewujudkan PAUD Berkualitas  yang didukung dengan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan partisipatif.

“Majalah Paudpedia Edisi I Tahun 2024 diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk menciptakan Transformasi Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas,” kata Komalasari dalam kolom Sapa Redaksi di majalah tersebut.

Sebagai informasi, PAUD merupakan program pendidikan yang ditujukan bagi anak-anak usia dini, yaitu usia 0-6 tahun, yang bertujuan untuk memberikan stimulasi pendidikan, pengasuhan, dan kesehatan guna mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.

Program ini mencakup berbagai bentuk layanan pendidikan yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak, serta berperan penting dalam membentuk fondasi karakter, sosial-emosional, dan kognitif anak sebelum memasuki jenjang pendidikan formal.

Terdapat berbagai topik yang dimuat dalam majalah berisi 48 halaman ini. Pertama, pembaca akan diajak untuk memantau strategi pencegahan stunting di 38 provinsi sepanjang 2024.

Baca Juga: 7 Manfaat Lotion untuk Kesehatan Kulit yang Bisa Membuat Awet Muda

Kedua, Majalah Paudpedia juga menjabarkan program Rapor Pendidikan untuk PAUD dan Pembaruan Data Rapor Pendidikan sepanjang periode 2024.

Ketiga, terdapat visualisasi lengkap tentang program PAUD Holistik dan Integratif (HI), serta rencana dan program Sekolah Sehat yang terdiri dari aspek Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa, dan Sehat Lingkungan.

Keempat, Direktorat PAUD juga menampilkan profil dan prestasi dari PAUD Alam Manusak, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berhasil menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan cerdas.

Kelima, hadir juga segmen edukasi parenting bagi para pembaca. Pada edisi ini, Direktorat PAUD menggandeng psikolog anak Fabiola Priscill tentang pentingnya kehadiran ayah dalam pengasuhan anak.

Fabiola menyebut, anak-anak yang dekat dengan sosok ayah cenderung mudah beradaptasi dan mampu mengendalikan emosi dengan baik.

Kedekatan dengan ayah juga membuat anak-anak lebih berani mencoba kegiatan baru dan menjalin pertemanan dengan anak-anak sebayanya.

Majalah ini juga memberikan tips tentang cara mendidik anak secara efektif, sesuai dengan usia dan karakter sang anak.

Yuk, dukung peningkatan kualitas PAUD di Indonesia demi generasi muda yang lebih cerdas dan sehat!