Usia Bayi Berapakah Ibu Menyusui Mulai Mengalami Penurunan Supply ASI?

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Kamis, 3 Oktober 2024 | 15:30 WIB
Usia bayi berapakah supply ASI ibu menyusui mulai menurun? (Freepik)

Nakita.id - Menyusui adalah salah satu cara terbaik untuk memberikan nutrisi optimal bagi bayi.

Namun, banyak ibu menyusui yang khawatir akan mengalami penurunan produksi ASI (air susu ibu) seiring berjalannya waktu.

Penurunan supply ASI biasanya terjadi pada beberapa ibu setelah periode tertentu, tetapi penyebabnya dapat bervariasi dan tidak selalu berkaitan langsung dengan usia bayi.

Lantas, pada usia berapa bayi, biasanya ibu mulai mengalami penurunan supply ASI, dan apa yang bisa dilakukan untuk menjaga produksi tetap stabil?

Berikut penjelasannya melansir dari MomJunction.

Penurunan Supply ASI Ibu Menyusui

1. Kapan Penurunan Supply ASI Mulai Terjadi?

Penurunan produksi ASI secara signifikan bisa mulai dirasakan oleh beberapa ibu pada usia bayi sekitar 3 hingga 6 bulan.

Pada tahap ini, bayi mulai berkembang dengan cepat, dan tubuh ibu secara alami menyesuaikan kebutuhan bayi dengan produksi ASI.

Pada beberapa kasus, penurunan supply ASI mungkin terasa lebih awal atau lebih lambat tergantung dari beberapa faktor, seperti:

Frekuensi menyusui: Jika ibu mulai mengurangi frekuensi menyusui, produksi ASI bisa berkurang.

Ini sering terjadi setelah bayi berusia 3-4 bulan, ketika beberapa bayi mulai tidur lebih lama di malam hari atau mengalami pola menyusui yang lebih teratur.

Pengenalan makanan pendamping ASI (MPASI): Pengenalan MPASI pada usia 6 bulan dapat memengaruhi supply ASI karena bayi mungkin mulai mengurangi asupan ASI seiring dengan peningkatan konsumsi makanan padat.

Baca Juga: Ternyata Ada 3 Cara Supaya ASI Melimpah Selain Dari Makanan dan Minuman, Sederhana Tapi Penting Diingat