Cuaca Jumat 25 Oktober 2024, Waspada Hujan Lebat Mulai Terjadi!

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 24 Oktober 2024 | 19:30 WIB
Cuaca Jumat 25 Oktober 2024 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Cuaca pada Jumat, 25 Oktober 2024, diperkirakan akan ditandai dengan hujan lebat di berbagai wilayah Indonesia.

Berdasarkan prediksi dari BMKG, kondisi atmosfer yang tidak stabil selama periode ini memicu terbentuknya awan-awan konvektif seperti Cumulonimbus.

Hal ini berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem, termasuk hujan lebat, petir, dan angin kencang, terutama di wilayah Sumatra, Kalimantan, Jawa, hingga Papua.

Pada Jumat ini, pola hujan kemungkinan besar akan lebih dominan pada sore hingga malam hari, khususnya di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Hal ini merupakan ciri dari masa peralihan menuju musim hujan.

Masyarakat diharapkan waspada terhadap potensi banjir dan tanah longsor, terutama di daerah yang rentan terhadap fenomena tersebut.

Aktivitas gelombang atmosfer seperti Rossby Ekuatorial dan Kelvin juga turut meningkatkan kemungkinan terbentuknya hujan di wilayah Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Wilayah-wilayah seperti Aceh, Sumatra Selatan, Kepulauan Riau, hingga Kalimantan Selatan diperkirakan mengalami intensitas hujan yang lebih tinggi.

Dengan potensi cuaca ekstrem ini, BMKG mengimbau masyarakat agar mempersiapkan diri, terutama yang tinggal di daerah rawan bencana.

Baca Juga: Cuaca Kamis 24 Oktober 2024, Waspada Hujan Lebat Terjang Indonesia!