Mandiri Presents Jakarta Coffee Week 2024, Serukan Semangat Selebrasi Kemajuan Kultur Kopi Spesialti Indonesia

By Poetri Hanzani, Kamis, 24 Oktober 2024 | 15:08 WIB
Mandiri presents Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2024. (Nakita / Poetri)

Nakita.id - Minum kopi memang telah menjadi bagian penting dari gaya hidup banyak orang di seluruh dunia.

Kopi tidak hanya dinikmati sebagai minuman yang membantu meningkatkan energi dan fokus, tetapi juga telah menjadi simbol pertemuan sosial, kreativitas, dan produktivitas.

Mandiri menggelar Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2024, sebuah perayaan tahunan kopi kultur Indonesia yang telah memasuki tahun ke-9 penyelenggaraannya, akan kembali digelar pada 1-3 November 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Hall 5.

Jacoweek 2024 persembahan dari Bank Mandiri, kembali hadir membawa tema “Celebration”, sebuah bentuk apresiasi terhadap pelaku industri, barista, hingga penikmat kopi yang saling mendukung terhadap kemajuan industri kopi serta mengharumkan nama Indonesia di berbagai kejuaraan kopi dunia. 

Memasuki 2024, Indonesia banyak mengukir prestasi membanggakan termasuk menjadi juara pada berbagai kompetisi kopi dunia hingga meningkatnya popularitas kopi asal Indonesia.

Hal ini didukung oleh Badan Pusat Statistik Indonesia yang menyatakan bahwa kopi robusta, terutama kopi robusta tidak digongseng atau tidak digoreng tanpa minyak masih menjadi komoditas ekspor kopi yang dominan sepanjang Januari-September 2024, bahkan terus mengalami peningkatan permintaan dari luar negeri. 

Hendri Kurniawan, Co-Founder Jakarta Coffee Week, mengungkapkan, “Sejak awal diadakan, Jacoweek memiliki misi untuk menjadi sebuah platform yang mempertemukan komunitas, petani hingga pelaku industri kopi dan F&B lokal atau pun internasional. Tahun ini, ‘Celebration’ menjadi konsep yang kami bawa, sebagai bentuk apresiasi terhadap semua pihak yang bahu-membahu membangun komunitas kuat yang saling berkontribusi terhadap perkembangan industri kopi Indonesia.

Tepat 21 tahun lalu (2003), untuk pertama kalinya Indonesia mengikuti kejuaraan barista dunia dan kini juara utama kompetisi barista dunia, dipegang oleh Indonesia. Inilah semangat selebrasi yang ingin kami bawa dan sebarkan untuk kemajuan kultur kopi spesialti Indonesia melalui perhelatan Jacoweek 2024.” 

Jacoweek yang konsisten diadakan setiap tahun, berkembang menjadi sebuah platform pertemuan strategis bagi pelaku industri kopi dengan konsep one-stop shopping solution yang menghadirkan berbagai kegiatan seputar kopi dan F&B secara langsung bagi konsumen pecinta kopi.

Memiliki visi dan misi yang sama terhadap perkembangan industri kopi, Jacoweek 2024 mendapat dukungan penuh dari Bank Mandiri sebagai mitra perbankan resmi perhelatan ini.

Serlina Sari Wijaya, Senior Vice President Digital Marketing Group - Bank Mandiri, turut menyampaikan, “Bank Mandiri sepenuhnya mendukung perkembangan industri kopi di Indonesia, dukungan Bank Mandiri ini tidak lepas dari gaya hidup masyarakat saat ini yang melakukan konsumsi kopi secara regular. Sebagai mitra perbankan resmi Jacoweek 2024, kami memastikan bahwa pengunjung akan mendapatkan pengalaman bertransaksi yang lebih mudah dan seamless selama penyelenggaraan acara.”

Baca Juga: Mau Setiap Hari Minum Kopi? Ini Cara Membuat Kopi Lebih Sehat