Waspada! Sering Melingkarkan Ikat Rambut Bikin Pergelangan Tangan Terinfeksi Bakteri

By Ajeng , Rabu, 16 Desember 2015 | 23:15 WIB
Waspada! Sering Melingkarkan Ikat Rambut Bikin Pergelangan Tangan Terinfeksi Bakteri (Ajeng )

Tabloid-nakita.com - Melingkarkan ikat rambut sering dilakukan wanita bila rambutnya tidak sedang diikat. Namun, siapa sangaka kebiasaan tersebut justru mambahayakan.

Wanita asal Amerika Serikat, Audree Kopp mengalami infeksi di pergelangan tangan karena melingkarkan ikat rambut glitter atau berkilau miliknya. Dua hari setelah membeli ikat rambut tersebut, pergelangan tangan Audree bengkak dan muncul seperti benjolan.

Audree kemudian berobat ke dokter dan diberikan antibiotik. Benjolan di tangan Audree  hanya masalah kecil, kata sang dokter. Namun esok harinya, benjolan tersebut semakin membengkak dan terasa amat sakit. Antibiotik itu pun tak ampuh mengobati pergelangan tangan Audree.

Kemudia dokter menemukan goresan kecil di pergelangan tangan Audree akibat dari ikat rambut berbakteri. Adanya bakteri itulah yang menyebabkan infeksi di pergelangan tangan Audree.

"Awalnya saya tidak percaya. Saya pikir itu hanya gigitan laba-laba atau sesuatu yang lain, bukan karena ikat rambut,” kata Audree dalam tayangan WLKY seperti dikutip dari Mirror.

Akhirnya dokter pun langsung bertindak untuk melakukan pembedahan sebelum infeksi tersebut menjalar ke dalam darah. Audree menjalani operasi darurat dan dirawat di UGD. Operasi tersebut meninggalkan bekas luka terbuka yang cukup besar di tangan Audree. Tapi, menurut dokter, lukanya akan segera pulih.

Salah satu tim dokter, Amit Gupta mengatakan Audree terinfeksi tiga jenis bakteri. Wanita itu beruntung karena terhindar dari sepsis atau keracunan darah yang bisa mengancam jiwa. Dokter Amit pun mengimbau setiap orang untuk berhati-hati dalam memilih dan mengenakan ikat rambut di pergelangan tangan.

Kompas Health