Jangan Gunakan Stagen atau Gurita. Ini Alasan Dokter

By Puri, Jumat, 4 Desember 2015 | 04:00 WIB
Jangan Gunakan Stagen atau Gurita. Ini Alasan Dokter (Puri)

Tabloid-Nakita.com - Saat hamil, tubuh Mama akan mengalami banyak perubahan, salah satunya adalah bentuk tubuh yang kian membesar karena berat badan yang terus bertambah. Karena itulah, tak sedikit Mama yang melakukan berbagai cara untuk mengembalikkan bentuk tubuh seperti dahulu.Salah satu cara yang banyak dilakukan Mama pasca melahirkan agar dapat kembali langsing adalah dengan memakai stagen dan gurita. Menurut mereka, stagen juga bertujuan untuk membuat perut menjadi kembali kencang dan langsing. Akan tetapi, bolehkah menggunakan stagen dan gurita pasca melahirkan?Umumnya, kedokteran tidak menganjurkan Mama yang setelah melahirkan menggunakan stagen untuk mengecilkan perutnya. Pasalnya, stagen tidak memberikan efek positif dalam mengecilkan atau mengencangkan perut karena sifatnya yang pasif. Pada saat memakai stagen, perut Mama memang terasa kencang, namun setelah stagen dilepas, perut akan kembali kendur seperti semula.

Baca : ASI pertama harus dibuang karena kotor? Ini kata ahli

Sementara itu, cara lain yang sering digunakan Mama untuk mengecilkan perut pasca melahirkan adalah gurita. Jika stagen saja tidak boleh digunakan untuk Mama yang usai melahirkan, apalagi penggunaan gurita, karena gurita tidak membalut perut ibu terlalu kencang seperti stagen. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk memakai gurita daripada stagen.Mama yang melahirkan melalui proses operasi dan jahitan operasi berada di tengah perut, dibolehkan memakai gurita daripada stagen. Namun hati-hati, pakailah gurita paling tidak satu minggu setelah persalinan. Hal tersebut bertujuan untuk memberi waktu agar jahitan bekas operasi sudah lebih mengering. Jahitan yang masih baru atau basah jika langsung dipakaikan gurita, apalagi stagen, malah akan bertambah parah. Jahitan bisa terbuka kembali, atau bahkan bernanah.

Baca : Cerita ini pasti akan membuat mama menitikkan air mata. Dibaca saja

Nah, dibanding Mama menggunakan stagen dan gurita yang justru dapat membahayakan Mama. Untuk mengatasinya, hal yang paling baik dan sehat adalah dengan melakukan senam atau olahraga. Pasalnya, saat hamil, otot-otot tubuh anda menjadi kendur, khususnya otot dinding perut dan dasar panggul.Untuk mengencangkan kembali otot dinding perut, Mama dapat melakukan latihan seperti sit up dan jogging, tapi jangan mengangkat beban yang berat. Untuk otot dasar panggul, Mama bisa mengencangkannya dengan latihan senam kegel. Senam kegel adalah senam untuk memperkuat otot-otot dasar panggul dan saluran kemih, yang juga berguna untuk mencegah Mama mengompol saat proses persalinan.

Baca juga : Ini cara cegah kepala bayi peyang

Namun ada juga yang disebut dengan senam nifas, yang dilakukan pada saat nifas atau setelah melahirkan, dengan menekankan pada latihan pernapasan dan perut. Senam ini jauh lebih bermanfaat dalam mengembalikan kekecangan perut anda setelah bersalin, dengan cara yang sehat pula dan tentu saja tidak menyiksa

Baca : Jangan pakaikan bantal saat bayi tidur. Ini risikonya