Berkurangnya Sel Telur Memicu Keguguran Berulang

By Gisela Niken, Selasa, 15 Maret 2016 | 07:45 WIB
Berkurangnya Sel Telur Memicu Keguguran Berulang (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Mengalami keguguran merupakan hal buruk bagi wanita. Namun, keadaan semakin parah jika Mama mengalami keguguran berulang kali. Sebuah penelitian terbaru yang dibuat oleh University of Warwick menemukan jawaban tersebut. Professor Jan Brosens kurangnya kualitas rahim dan jumlah sel yang menurun menjadi penyebab wanita mengalami keguguran berkali-kali.Baca juga: Tanda-tanda Keguguran 

Menurut Jan Brosens, wanita yang mengalami keguguran memang memiliki kualitas rahim yang buruk sebelum hamil. Dalam penelitian ini, ia bersama timnya memeriksa sampel jaringan rahim dari 183 wanita. Para tim menemukan bahwa adanya kehilangan sel-sel telur dari wanita yang telah mengalami keguguran lebih dari satu kali. Penelitian ini juga menemukan berkurangnya sel telur turut memicu penuaan pada rahim.

Pemulihan setelah keguguran akan terbantu oleh sel telur. Sel ini akan membantu rahim kembali normal agar bisa bereproduksi serta memiliki siklus menstruasi yang normal. Namun jumlah sel yang tidak mencukupi membuat pemulihan pada rahim. Penuaan pada sel rahim juga membuat rahim tidak mampu memersiapkan kehamilan berikutnya.

Lalu, apa yang perlu Mama lakukan jika sudah mengalami keguguran berulang? Menurut Professor Jan Brosens, masih ada harapan bagi wanita bagi wanita yang mengalami keguguran berulang. Penelitian ini akan membantu penelitian lain untuk menemukan pengobatan yang merangsang kerja sel telur.Baca juga: Penyebab Keguguran 

Penelitian ini juga memberikan rekomendasi terhadap para dokter untuk mengganti obat untuk merangsang terjadinya pembentukan sel baru. Sebelum hamil, wanita perlu memeriksakan terlebih dahulu kondisi rahimnya. Hal tersebut akan mengurangi risiko terjadinya keguguran berulang kali(Niken/Fit Pregnancy)