Ini Kebutuhan Keuangan Bayi Kembar

By Dini, Minggu, 13 Maret 2016 | 23:00 WIB
Ini Kebutuhan Keuangan Bayi Kembar (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Tidak semua pasangan mendapatkan keberuntungan untuk bisa memiliki sepasang bayi kembar. Kehadiran bayi kembar tentu akan menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi Mama dan Papa, serta keluarga besar yang lainnya.

Jika Mama segera dikaruniai bayi kembar dalam waktu dekat, tentu Mama akan sangat bersemangat dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Ini wajar sekali terjadi, mengingat kelahiran bayi kembar akan membutuhkan persiapan yang lebih bila dibandingkan dengan kelahiran bayi tunggal. Sebagai orangtua, Mama dan Papa akan membutuhkan persiapan ekstra dalam menyambut si kecil, baik itu persiapan mental maupun persipan materi.

Hal utama yang patut Mama perhatikan tentu mengenai kesehatan Mama dan si bayi kembar yang akan segera lahir. Karena, pada dasarnya hal ini akan membutuhkan perhatian khusus dan ekstra, terutama bagi Mama salama masa mengandung. Namun hal lain yang tak kalah penting dan sering menimbulkan kecemasan adalah masalah persiapan keuangan dalam menyambut kelahiran si kembar.

Bayi kembar tentu akan membutuhkan dana ekstra. Untuk itu Mama sebagai orangtua harus bijak dan pintar dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Beberapa poin di bawah ini adalah hal penting yang patut Mama cermati dalam mempersiapkan kelahiran si kembar yang dirangkum oleh cermati.com:

* Miliki visi yang jelasSebagai orangtua, Mama harus memiliki visi yang jelas mengenai tumbuh kembang bayi kembar Mama hingga dewasa. Hal ini akan membantu Mama untuk mempersiapkan berbagai macam kebutuhan mereka dalam tiap fase perkembangannya.

Tentukan dan buat tahapan-tahapan perencanaan yang akan Mama terapkan dalam pertumbuhan bayi kembar Mama. Hal ini bisa meliputi: masa kehamilan, saat melahirkan, masa setelah kelahiran, saat anak memasuki usia balita dan masa sekolah dari SD, SMP, SMA hingga kuliah di universitas ternama seperti Universitas Indonesia nanti.

* Buat anggaran yang tepatHal selanjutnya yang harus Mama lakukan adalah menyusun anggaran keuangan bagi setiap tahapan yang telah ditentukan tersebut. Mama harus melakukan ini dengan teliti dan menggunakan perkiraan yang tepat, agar tidak ada ketimpangan di dalam perencanaan yang telah Mama atur. Hal ini bisa dilakukan dengan menentukan anggaran yang paling dekat / akan segera dilaksanakan, seperti:

-  Perkiraan biaya melahirkan secara ceasar, karena biasanya kebanyakan bayi kembar akan dilahirkan melalui jalan operasi.-  Biaya untuk membayar pengasuh setelah bayi dilahirkan. Alokasikan biayaSetelah anggaran yang Mama buat benar-benar telah sesuai dan tepat, maka Mama harus mengalokasikan sejumlah dana untuk menutupi anggaran tersebut. Hal ini tentu akan berasal dari penghasilan yang Mama dapatkan, atau bisa juga dari sejumlah tabungan yang telah Mama persiapkan sebelumnya.Gali sumber dana untuk biaya kebutuhan bayi kembar MamaDengan perencanaan dan penerapan anggaran yang tepat, maka Mama akan bisa memenuhi segala macam kebutuhan si kembar dengan baik. Namun dalam kondisi tertentu, Mama bisa saja melakukan penghematan, membuka tabungan, investasi, atau bahkan pinjaman dana untuk menyiasati berbagai kebutuhan biaya tersebut dengan cara menerapkan beberapa kebijakan di dalam pengelolaan keuangan. Simak beberapa poin di bawah ini mengenai sumber dana yang bisa Mama gali dan pos pengeluaran yang bisa Mama hemat dalam memenuhi kebutuhan bayi kembar:

1. Penghasilan bulananMama harus memiliki sejumlah buget yang diambil dari penghasilan bulanan Mama dan Papa. Ini bisa ditentukan dalam jumlah / persentase tertentu, di mana jumlah tersebut tidak mengganggu pos pengeluaran lainnya.

2. Fasilitas kantorGunakan fasilitas kantor dalam membiayai kelahiran si kembar. Biasanya kantor akan menyertakan hal tersebut sebagai bentuk fasilitas bagi karyawannya yang dilakukan melalui asuransi. Mama juga perlu mencari informasi mengenai kebijakan biaya pengobatan anak, sebagai antisipasi bila sewaktu-waktu si kecil sakit.

3. Kelola pengeluaran dengan bijakMama bisa mengendalikan pengeluaran dengan cara berhemat. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi ini, misalnya dengan hanya mempekerjakan seorang pengasuh dan membagi tugas dengan Papa dalam mengurus dan merawat si kembar.

4. Maksimalkan asetPersiapkan sejak dini segala kebutuhan si kembar, termasuk biaya pendidikannya. Mama bisa membeli sejumlah aset dengan uang tabungan Mama, hal ini tentu akan sangat berguna saat mereka sudah besar nanti. Mama juga bisa melakukan perencanaan biaya pendidikan dengan cara membeli asuransi. Hal ini akan membantu Mama mengatasi masalah biaya yang muncul di setiap tahapan pendidikan mereka.

Memiliki bayi kembar akan memberi Mama dan Papa kebahagiaan lebih dan juga kesibukan yang ekstra. Untuk itu Mama perlu mencermati dan merencanakan setiap hal mengenai perkembangan dan kebutuhan keuangan dalam menyambut kelahiran si kembar.