Seberapa Sering Bayi Harus Mandi?

By Gisela Niken, Jumat, 11 Maret 2016 | 03:03 WIB
Seberapa Sering Bayi Harus Mandi? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Menangani bayi yang baru lahir memang sangat menegangkan. Bayi yang masih sangat rentan, memiliki tulang yang lunak serta kulit yang tipis membuat Mama berhati-hati saat menyentuhnya. Mama juga memiliki tugas yang tak kalah penting yaitu menjaga kebersihan bayi. Mungkin terbesit di pikiran Mama mengenai memandikan bayi dan seberapa sering bayi harus mandi?

Sonali Shivlani, seorang konselor kehamilan, laktasi dan nutrisi anak mengatakan pada umumnya bayi yang baru lahir tidak perlu mandi setiap hari. Mama hanya perlu rajin mengelap tubuhnya dengan spons atau kain lembut serta mengeringkannya dengan handuk yang lembut. Pastikan pula kulit di area lipatan seperti selangkangan, ketiak serta paha dibersihkan secara teratur. Mandi yang terlalu sering akan membuat kulitnya kering dan mungkin menimbulkan iritasi karena sabun yang digunakan tetap mengandung bahan-bahan kimia.Baca juga: Mandi Segarkan Tubuh Bayi 

Selain itu, Mama juga perlu memastikan alat kelaminnya bersih. Meski ia berada di ruangan sejuk dan tidak berkeringat, organ-organ vital tetap harus dijaga kebersihannya. Alat kelamin yang tertutup sangat memungkinkan muncul bakteri. Namun, jika si kecil berada di wilayah yang lembap dan panas ada baiknya lebih sering memandikan bayi.

Keramas juga masih diperbolehkan untuk tetap menjaga rambutnya tumbuh dengan sehat. Pastikan menggunakkan sampo yang sesuai dengan kebutuhan usianya. Perhatikan pula jenis sabun yang digunakan. Jika Mama menggunakkan sabun batang, jangan menggosoknya secara langsung ke kulit bayi. Jangan pula memakai sabun cair terlalu banyak.

Penggunaan air hangat menjadi salah satu cara agar bayi nyaman saat mandi. Namun, pastikan air tidak terlalu panas mengingat kulit bayi yang masih tipis dan sangat sensitif. Setelah selesai mandi pastikan seluruh badan bayi kering. Jangan sampai ada sisa-sisa sabun di lipatan-lipatan. Hal tersebut akan menimbulkan kulit yang berminyak. Gunakan handuk halus dan usap bagian tubuhnya secara perlahan.Baca juga: 7 Langkah Mudah Memandikan Bayi 

Itu dia berbagai trik dan penjelasan mengenai seberapa sering bayi harus mandi. Intensitas mandi ditentukan oleh kondisi si kecil dan situasi sekitarnya. Intinya, si kecil harus tetap dalam keadaan bersih.(Niken/The Health Site)