Kacang Dapat Mencegah Alergi?

By Gisela Niken, Selasa, 8 Maret 2016 | 00:00 WIB
Kacang Dapat Mencegah Alergi? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kacang menjadi makanan yang rentan menimbulkan alergi pada bayi maupun anak-anak. Namun, sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine mengatakan sebaliknya. Penelitian tersebut menyimpulkan kacang dapat mencegah alergi. Studi yang dibuat oleh King’s Colllege London ini mengatakan pengenalan kacang sejak bayi dapat mengurangi risiko alergi kacang hingga usia 6 tahun.Baca juga: MPASI untuk Bayi Alergi 

Penelitian ini dilakukan di Evelina London Children’s Hospital dengan melibatkan 550 anak. Anak-anak tersebut diminta menghindari kacang selama 12 bulan. Para peneliti pun mengambil data tubuh pada alergi kacang seperti perubahan kulit hingga darah peserta. Hasilnya, menghindari kacang tidak lantas mengurangi alergi pada kacang itu sendiri. Oleh karena itu, para peneliti mengatakan pengenalan yang baik di awal kehidupan akan menghindarkan anak dari alergi.

“Selain itu, tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui apakah bayi yang mengonsumsi kacang tidak menjadikan mereka alergi kacang meski sudah tidak mengonsumsi selama 12 bulan,” ujar Professor Gideon Lack, salah seorang pemimpin penelitian tersebut. Berbagai studi lain National Institute of Allergy and Infectious Diseases  juga menungkapkan bahwa pengenalan awal dapat mencegah perkembangan alergi.

Alergi sendiri telah menjadi permasalahan bagi sebagian anak. Kadang alergi dapat berpotensi serius bahkan berujung kematian. Alergi dapat mengganggu kualitas hidup seseorang. Alergi kacang sendiri telah memengaruhi 1 dari 50 anak di Inggris. Data National Institute of Allergy and Infectious Diseases juga menunjukkan, alergi kacang memengaruhi 0,6 % populasi Amerika. Tidak hanya itu, 5 tahun terakhir alergi kacang juga menjadi salah satu daftar alergi terbanyak terjadi di Asia, termausk Indonesia.Baca juga: Alergi Susu Sapi Pada Anak 

Penelitian terbaru ini mengenai kacang dapat mencegah alergi mungkin dapat jadi siasat Mama. Kenalkan kacang-kacangan padanya sejak kecil. Namun, Mama perlu memantau apakah kacang tersebut menimbulkan alergi atau tidak. Jika memang sejak awal menimbulkan alergi, Mama harus membawanya ke dokter.(Niken/Fox News/Science Daily)