Pertumbuhan Cepat Pada Bayi Usia 1 Bulan

By Gisela Niken, Senin, 7 Maret 2016 | 01:00 WIB
Pertumbuhan Cepat Pada Bayi Usia 1 Bulan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Setelah melahirkan, Mama perlu memahami pertumbuhan yang seharusnya terjadi pada si kecil. Pertumbuhan tersebut mulai dari berat badan, panjang badan hingga intensitas minum ASI. Oleh karena itu, Mama perlu mengetahui pertumbuhan bayi  usia 1 bulan agar dapat memantau apakah si kecil tumbuh dengan normal. Baca juga: Fase Pertumbuhan Gigi Bayi 

Bulan pertama merupakan periode pertumbuhan yang cepat. Secara umum, bayi akan bertumbuh 2,5 cm hingga 4 cm. Begitu pula dengan berat badannya. Bayi hingga usia 1 bulan akan bertambah berat badannya 800 gram hingga 1 kilogram. Pertumbuhan ini tentu tidak dialami oleh semua bayi. Ada yang mengalami pertumbuhan yang cepat atau justru mengalami perlambatan.

Pertumbuhan di bulan-bulan awal juga ditandai dengan semakin seringnya bayi rewel untuk minta makan. Jadi, jangan kaget jika si kecil semakin sering untuk meminta ASI. Hal ini pertanda ia sedang bertumbuh dengan cepat. Jangan lupa untuk membawanya ke dokter agar bisa memantau pertumbuhan seperti berat badan dan panjang beadan dengan lebih rinci.

Jika bayi Mama lahir prematur, tak perlu khawatir. Rata-rata bayi prematur juga akan bertumbuh, namun tidak secepat bayi yang lahir dengan normal. Pertumbuhan bayi prematur akan semakin terasa ketika berusia di atas 6 bulan. Bayi prematur akan bertumbuh dengan cepat dan sama dengan bayi-bayi normal lainnya.Baca juga: Pertumbuhan Bayi Prematur 

Mama bisa memantau apakah bayi di usia 1 hingga 2 bulan bertumbuh dengan normal. Mama dapat menghitung berapa kali ia menyusui. Normalnya, bayi berusia 1 hingga 2 bulan minum ASI 8 kali dalam jangka waktu 24 jam. Durasi menyusui secara normal yaitu selama 10 menit. Secara umum, Mama juga akan mengganti popoknya 4 hingga 6 kali per hari.

Mama juga perlu memerhatikan intensitas buang air besarnya. Normalnya, bayi berusia 1 bulan akan pup satu kali dalam sehari. Namun, jika ia tidak pup hingga 2 hari, hal tersebut masih terbilang normal. Pup dari bayi yang minum ASI cenderung lembut dan sedikit berair. Sementara pup dari bayi yang minum susu formula cenderung keras.

Pertumbuhan bayi usia 1 bulan secara umum mengalami peningkatan secara siginfikan. Hal ini akan terus berlangsung hinga bulan-bulan berikutnya. Persiapkan pakaian yang agak besar untuknya karena dengan cepat baju-baju si kecil sudah tidak lagi cukup. Pertumbuhan ini akan mulai melambat ketika ia berusia 1 tahun. (Niken/ Kids Health)