Trik Menenangkan Bayi Baru Lahir yang Rewel

By Gisela Niken, Rabu, 2 Maret 2016 | 06:30 WIB
Trik Menenangkan Bayi Baru Lahir yang Rewel (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Minggu-minggu awal kelahiran si kecil seringkali membuat Mama bingung karena ia terus menangis dan rewel. Bayi baru lahir yang senang menangis disebabkan oleh berbagai alasan seperti lapar, mengantuk, hingga merasa tak nyaman karena popoknya yang basah. Lakukan langkah-langkah kecil berikut agar tak bingung bagaimana menenangkan bayi baru lahir yang rewel.Baca juga: Kenali Arti Tangisan Bayi 

1. Berikan banyak gerakanBayi yang baru lahir butuh waktu untuk beradaptasi dengan gerakan-gerakan di dunia luar. Masih aneh bagi si kecil untuk digendong Mama atau Papa karena sebelumnya berada di dalam rahim. Oleh karena itu, menggendong yang membuat bayi tidak nyaman sering menimbulkan rewel. Mama bisa memberikan ayunan kecil saat menggendong untuk membuat bayi lebih tenang. Cobalah untuk menggendongnya di atas kursi goyang. Selain itu, berikan sedikit getaran padanya seperti sedikit menepuk-nepuk punggungnya.

2. Libatkan PapaTangan Papa yang lebih kuat akan memberikan rasa lebih aman dan nyaman bagi si kecil. Mama bisa melibatkan Papa untuk menenangkan bayi yang rewel. Di awal kehadiran si kecil, Papa perlu dilatih agar terbiasa memegang si kecil. Selain itu, Mama juga perlu beristirahat karena baru saja mengalami pengalaman punya bayi. Luangkan waktu untuk sendiri agar Mama dapat menenangkan diri.

3. Berikan kehangatanMemberinya kehangatan akan membantu bayi merasa aman. Mama bisa membungkus atau istilah lainnya membedong bayi. Selain itu, Mama bisa melakukan teknik kangguru. Letakkan si kecil di dada Mama sambil memberikannya selimut tipis. Kehangatan tubuh Mama akan memberinya rasa aman dan tenang.

4. Timbulkan suaraKandungan bukanlah tempat yang hening. Saat dalam kandungan, si kecil terbiasa mendengarkan berbagai suara. Janin terbiasa mendengarkan aliran darah, detak jantung, serta gerakan lambung. Perbedaan suara yang tidak biasa ia dengar di luar tubuh Mama membuat bayi yang baru lahir cenderung cerewet. Untuk itu, Mama perlu memberikan musik lembut kepadanya. Tidak hanya itu, biarkan ia mendengar suara-suara alam seperti burung berkicau.Baca juga: Tip Menggendong Bayi 

5. Perhatikan sekitarMama perlu memastikan kondisi rumah yang nyaman. Pastikan suara televisi atau radio tidak terlalu keras karena hal itu akan membuat si kecil kaget. Suhu udara di rumah juga perlu diperhatikan apakah terlalu panas atau terlalu dingin. Baju yang dikenakan oleh bayi baru lahir juga perlu diperhatikan. Baju yang membuatnya mudah berkeringat sangat rentan menimbulkan rewel. (Niken/Parents)