Mengenalkan Makanan Genggam untuk Anak

By Gisela Niken, Senin, 29 Februari 2016 | 06:00 WIB
Mengenalkan Makanan Genggam untuk Anak (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Makanan genggam (finger food) dapat menjadi langkah awal untuk mengajarkan anak makan sendiri. Sesuai namanya, makanan genggam mudah dipegang oleh bayi sehingga ia bisa makan sendiri tanpa bantuan Mama.

Pengenalan makanan genggam dapat dimulai saat bayi berusia 9 bulan, sebab saat itu bayi telah memiliki kemampuan motorik untuk mengambil makanan sendiri. Membuat makanan genggam dengan berbagai variasi bisa mengajarkan anak makan sendiri dengan cara menyenangkan. Nah, ini langkah-langkah mengenalkan makanan genggam untuk anak:

1. Menyiapkan bayiMengenalkan makanan genggam pada bayi harus dimulai dengan membantu si kecil mengunyah makanan sampai habis. Pastikan si kecil mampu mengunyah dengan baik sehingga tidak ada makanan tersisa di mulutnya. Jika ia belum mampu mengunyah dengan baik, bisa jadi ia akan tersedak dengan sisa makanan di mulutnya. Oleh karena itu, sebelum mengenalkan makanan genggam, pastikan ia sudah siap untuk mengunyah.Baca juga: Belajar Makan Sendiri Dengan Finger Foods 

2. Gunakan makanan dinginMakanan dingin dapat membantu mengatasi gusi si kecil yang masih lembut. Gusi yang masih lembut belum mampu menerima makanan yang bertekstur secara tiba-tiba. Untuk mengatasinya, Mama dapat memberikan sepotong buah yang dingin untuk membiasakan gusinya bekerja. Hal ini akan membantu Mama untuk mengenalkan makanan genggam dengan banyak variasi yang lain.

3. Kreasikan makanan genggamUntuk menarik perhatian si kecil, buat makanan genggam semenarik mungkin. Mama bisa membentuk makanan genggam menjadi bentuk-bentuk hewan dengan warna-warna cerah. Saat mengenalkan makanan genggam, Mama bisa memasukkan banyak protein dan vitamin agar ia tidak terbiasa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Hindari makanan dengan banyak gorengan. Pengenalan makanan sehat sejak dini akan membuat si kecil mudah untuk makan makanan sehat di kemudian hari.

4. Utamakan kebersihanMama harus membiasakan membersihkan tangannya sebelum menikmati makanan genggam. Saat makan, biasanya banyak makanan yang berceceran di sela-sela kursi hingga jatuh ke lantai. Mama perlu segera membersihkannya sebab si kecil tak segan untuk memasukkan makanan sisa tersebut ke dalam mulutnya. Menjaga saluran pencernaannya juga tak kalah penting. Namun, Mama tak perlu memarahi si kecil karena makannya berceceran. Bagaimana pun, hal itu merupakan bagian dari proses belajarnya makan sendiri.Baca juga: Ajari Bayi Makan Sendiri 

5. Jangan lupa berikan makanan utuhJika sudah mulai berhasil mengonsumsi makanan genggam, tak ada salahnya jika Mama memberikan padanya makanan utuh. Beberapa sayuran seperti wortel dapat Mama berikan secara utuh. Hal ini akan mengenalkan padanya bentuk asli sebuah makanan. Pastikan makanan tersebut sudah diolah sesuai dengan kemampuan gusinya untuk mengunyah.

Itu dia trik mengenalkan makanan genggam pada si kecil. Membiasakan ia makan sendiri memang bukan hal yang mudah. Maka, Mama harus melatihnya sedini mungkin agar tidak hanya mampu makan sendiri. Si kecil juga mampu makan dengan rapi dan mudah untuk mengonsumsi makanan dengan jenis apapun.(Niken/Pop Sugar)