4 Cara Mama Mendapatkan "Me Time"

By Ajeng , Kamis, 25 Februari 2016 | 05:00 WIB
4 Cara Mama Mendapatkan ()

Tabloid-Nakita.com - Seorang ibu hampir tak memiliki me time atau waktu untuk dirinya sendiri. Dari 24 jam yang tersedia setiap hari, mungkin hanya sekitar 10-20% waktu yang dimiliki seorang ibu untuk me time. Artinya, Mama harus benar-benar memanfaatkan waktu yang sedikit tersebut untuk memanjakan diri agar waktunya tetap berkualitas.

Mengapa me time sangat dibutuhkan? Ibu rumah tangga merupakan pusat dari kebutuhan rumah tanggga. Mama sebagai penggerak roda rumah tangga hampir tidak memiliki waktu libur, sehingga amat rentan terhadap stres dan sakit. Bila kesehatan psikis dan fisik Mama terganggu, akan sangat berpengaruh pada kehidupan anggota keluarga lain.

Berikut ini cara agar Mama mendapatkan me time:

1. Mencuri WaktuTidur siangSaat si kecil tidur siang, usahakan Mama juga melakukan hal yang sama. Tidur siang berfungsi agar tubuh dapat me-recharge kembali energi setelah setengah hari menjalankan aktivitas. Tidak perlu waktu lama, tidur siang selama satu jam pun cukup untuk mengembalikan energi tubuh.

Pergi ke salonJika Mama harus menemani si kecil selama sekolah, jangan berlama-lama berbincang dengan para ibu. Manfaatkan waktu dengan pergi ke salon terdekat untuk creambath, pijat,, atau facial.

2. BersosialisasiSore hari, saat si kecil sudah dimandikan, ajaklah ia pergi ke taman atau sekadar keliling komplek dengan menggunakan stroller sambil bersosialisasi dengan tetangga. Manfaat positifnya adalah, Mama dapat mengurangi beban stres karena bisa bertukar pikiran dengan tetangga mengenai tumbuh-kembang si kecil, dan menjalin interaksi sosial di lingkungan rumah.

3. Memanfaatkan teknologiManfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaan. Mama bisa menggunakan alat masak canggih tanpa harus menggiling bumbu sehingga memiliki waktu lebih banyak untuk memanjakan diri.

Gunakan internet untuk mem-browsing resep kue atau menu masakan baru sehingga kreativitas Mama dalam memasak juga dapat tersalurkan saat ada waktu luang.

4. Ajarkan anak mandiriAjarkan anak mengurus dirinya sendiri. Ketika mereka sudah bisa mengurus dirinya sendiri, seperti makan, mandi, atau membereskan kamar, Mama jadi punya banyak waktu untuk bersantai.

Agar Mama mendapatkan me time, satu lagi kuncinya: jadikan hal ini sebagai prioritas. Dengan demikian, Mama akan selalu mengusahakannya, dan bukan sekadar menunggu ada waktu luang.

(Ajeng/Dari Berbagai Sumber)