Perusahaan Bisa Berhemat dengan Dukung ASI Eksklusif

By Ajeng , Selasa, 23 Februari 2016 | 01:41 WIB
Perusahaan Bisa Berhemat dengan Dukung ASI Eksklusif (Ajeng )

Tabloid-nakita.com - Tahukah Mama, perusahaan bisa berhemat dengan dukung program ASI eksklusif bagi karyawatinya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pemberian ASI dapat menyehatkan anak sekaligus ibu menyusui. Dengan begitu, secara umum perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menanggung karyawati serta anaknya berobat.

Sebuah penelitian dilakukan oleh perusahaan asuransi di Amerika Serikat. Dalam penelitian tersebut melibatkan 343 karyawati selama 2 tahun. Hasilnya untuk setiap karyawati yang menyusui perusahaan dapat menghemat pengeluaran 700 dollar AS untuk pembiayaan kesehatan, dan 174 dollar untuk kerugian absennya karyawati.

Karena kesehatan karyawati dan anaknya baik, maka produktivitas ibu menyusui pun lebih baik dan menambah manfaat bagi perusahaan. Berbeda dengan karyawati yang memberikan susu formula pada anaknya. Mereka lebih sering tidak masuk kerja karena harus mengurus anaknya yang sakit.

Perusahaan yang mendukung ASI kemungkinan besar tidak akan kehilangan karyawan-karyawan sesusai cuti melahirkan. Data dari UNICEF menyebutkan 94,2 persen karyawati kembali bekerja seusai cuti melahirkan apabila perusahaan tempatnya bekerja mendukung ASI.

Syarat sebuah perusahaan mendukung ASI yaitu dengan memberikan ruang menyusui yang memiliki tempat duduk nyaman, wastafel, lemari pendingin, dan pintu yang dapat dikunci.

Edukasi, jadwal kerja yang fleksibel, seperti diberikan waktu 2 kali 20 menit untuk pergi ke ruang menyusui di sela-sela jam kerja, serta dukungan dari atasan dan rekan kerja juga dibutuhkan oleh karyawati yang menyusui. Dengan memenuhi hal-hal tersebut, maka perusahaan sudah dapat mendukung program ASI eksklusif.

Sumber: Kompas Health