4 Cara Mudah Ngobrol dengan Bayi

By Gisela Niken, Senin, 22 Februari 2016 | 07:20 WIB
4 Cara Mudah Ngobrol dengan Bayi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Tak semua orang bisa berkomunikasi dengan bayi. Padahal, mengajak bayi ngobrol dapat menjadi salah satu cara untuk menstimulasi agar bayi cepat bicara. Mama bisa melakukan berbagai cara ngobrol dengan bayi sebagai berikut.Baca juga: Yuk, Ajak Bayi Bicara Biar Cerdas 

1. Bertanya pada diri sendiriBertanya menjadi bentuk komunikasi dasar yang bisa dilakukan. Lalu, bagaimana jika bertanya pada bayi? Rasanya tidak mungkin ya karena bayi belum bisa meresponsnya. Tapi, Mama bisa bertanya dan Mama sendiri yang menjawab. Misalnya Mama bisa bertanya, “Mau kemana kita hari ini?”, kemudian Mama menjawabnya untuk anak, “Wah, ke taman saja, yuk!” Hal ini akan menstimulus bayi mengenai sebuah percakapan.

2. Berikan ia waktuKomunikasi satu arah yakni dari Mama ke si kecil menjadi salah satu cara untuk menstimulusnya. Tapi, Mama juga perlu memberikan waktu padanya untuk mengekspresikan apa yang ia rasakan seperti tertawa dan menggumam. Percayalah, si kecil akan merasa dihargai jika Mama membiarkannya berekspresi dengan caranya.

3. Memperkenalkan suara di sekitarnyaBayi dapat merespons jika ia mendengarkan suara unik di sekitarnya. Mama bisa menunjukkan suara-suara tertentu seperti anjing dan mobil. Hal ini juga bisa merangsang pendengarannya. Dengan begitu, ia akan memiliki kemampuan mendengar yang baik dan sangat berguna ketika ia mulai bersekolah.Baca juga: 6 Stimulasi Agar Anak Cepat Bicara 

4. Bercerita atau berdongengBuku adalah sumber kata-kata yang dapat digunakan untuk memberikan stimulus kepada bayi. Sebelum tidur coba bacakan cerita-cerita sederhana. Tak lupa pilih buku yang punya gambar menarik agar merangsang bayi memahami gambar. Kosa kata yang keluar dari mulut Mama dapat terserap ke dalam otak bayi.

Mama bisa mencoba cara ngobrol dengan bayi agar dapat berkomunikasi dengan si kecil sedini mungkin. Hal ini juga dapat membantu pertumbuhan otaknya.

(Niken/WhatToExpect)