Tips Belanja Ramadan Cuan dengan Berbagai Diskon dan Promo Menarik, Gak Bakal Boros

By Poetri Hanzani, Selasa, 18 Maret 2025 | 11:27 WIB
Belanja yang tepat agar bulan Ramadan bisa tetap cuan.
Belanja yang tepat agar bulan Ramadan bisa tetap cuan. (Freepik)

Nakita.id - Di bulan Ramadan, minat belanja online masyarakat Indonesia cenderung tinggi setiap tahunnya. Hal tersebut tak mengherankan, mengingat ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi saat bulan Ramadan tiba.

Survei dari Jakpat menunjukkan bahwa 70% responden mengalami peningkatan pengeluaran selama Ramadan 2025 jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Secara spesifik, belanja barang kebutuhan Ramadan meningkat sebesar 62%.

Meningkatnya kebutuhan belanja, tentu memperbesar kemungkinan peningkatan pengeluaran saat bulan Ramadan. Agar pengeluaran tidak terlalu membengkak, dibutuhkan tips and trick belanja yang tepat agar bulan Ramadan bisa tetap cuan dengan semua kebutuhan yang terpenuhi.

Menyambut bulan Ramadan yang penuh berkah, Lazada Indonesia (Lazada) menghadirkan rangkaian Ramadan Sale yang berlangsung selama satu bulan penuh sejak 28 Februari hingga 3 April 2025. Rangkaian program ini diadakan untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan dari awal Ramadan hingga hari Lebaran nanti.

Kampanye promo Lazada diawali dengan Ramadan 3.3 Sale (2-7 Maret 2025), kemudian diikuti dengan berbagai promo khusus di kategori-kategori berbeda. Salah satunya adalah Ramadan Fashion Festival di tanggal 10-15 Maret 2025.

Tak hanya promo dalam kategori fashion, Lazada juga menggelar berbagai promo kategori lain yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, rentang waktu promo tiap kategori juga disesuaikan dengan minat belanja pelanggan.

“Di promo belanja Ramadan Sale kali ini, kami menggelar berbagai promo tematik, menyesuaikan kebutuhan pelanggan yang berubah dengan cepat. Kami memahami pada awal Ramadan, pola konsumsi lebih condong ke arah kebutuhan harian, sedangkan untuk kategori fesyen merupakan kategori yang menonjol sepanjang bulan. Uniknya, tahun ini kategori pakaian pria adalah salah satu yang mendorong kenaikan kategori fesyen secara signifikan, terutama untuk baju muslim pria.” ujar Amelia Tediarjo selaku Head of Operations Lazada Indonesia.

Lebih lanjut, Amelia juga menjelaskan bahwa penjualan produk elektronik juga turut meningkat di tahun 2025. Jika biasanya produk elektronik ramai diserbu di akhir bulan Ramadan setelah menerima THR, kini peningkatan sudah terlihat di minggu-minggu pertama Ramadan.

Peningkatan belanja online oleh para pelanggan sangat dirasakan oleh Lazada. Pada periode 3.3 Sale, Lazada mencatat kenaikan traffic yang diikuti dengan peningkatan nilai transaksi hingga 55% dibandingkan hari biasa.

Rata-rata total pembelanjaan tiap pelanggan juga mengalami peningkatan hingga 4 kali lebih besar dibandingkan dengan periode awal Ramadan tahun lalu.

Melihat antusiasme besar dari masyarakat menjelang Hari Raya, Lazada menghadirkan kampanye puncak Ramadan Mega Sale pada 16 hingga 26 Maret 2025.

Baca Juga: 8 Ciri-Ciri Keuangan Keluarga Harus Dikendalikan agar Tak Merusak Pengelolaan Keuangan