Mengatasi Bayi yang Bangun Terlalu Pagi

By Gisela Niken, Senin, 15 Februari 2016 | 05:00 WIB
Mengatasi Bayi yang Bangun Terlalu Pagi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Bayi yang belum bisa mengetahui waktu bisa sering bangun terlalu pagi. Biasanya hal ini terjadi pada bayi di atas 6 bulan. Selain akan membuatnya cepat kelelahan, hal ini akan membuat Mama tidak dapat tidur dengan nyenyak. Mama bisa mengatasi bayi yang bangun terlalu pagi dengan cara berikut ini:Baca juga: Kok Bayi Baru Lahir Banyak Tidur? 

1. Buat kamarnya tetap redup dan sunyiBuatlah kamarnya tetap redup agar ia tetap merasa nyaman untuk tidur. Mama juga bisa menutup jendela dan menggunakan tirai yang tebal. Dua hal tersebut akan membebaskan gangguan, baik berupa cahaya ataupun suara. Buatlah suhu ruangannya tetap sejuk agar ia nyaman dalam tidurnya.

2. Mencoba waktu tidur yang berbedaMama perlu bereksperimen dengan jam tidurnya untuk menemukan jam tidur terbaik untuknya. Lakukanlah selama dua minggu. Jika si kecil tetap bangun terlalu pagi, itu berarti kebutuhan tidurnya belum tepat.Baca juga: 3 Masalah Tidur Pada Bayi 

3. Pindahkan dan persingkat jam tidur siangnyaJam tidur menjadi efek domino bagi bayi. Ketika bangun terlalu pagi, si kecil jadi mudah mengantuk. Jam tidur siangnya pun menjadi lebih pagi. Waktu tidur malamnya juga menjadi lebih cepat. Untuk itu, coba pindahkan jam tidur siangnya menjadi lebih siang secara bertahap. Bisa dimulai dari 10 menit lebih siang hingga akhirnya bisa bergeser sampai 2 jam lebih siang.Baca juga: Menerapkan Pola Tidur Pada Bayi 

4. Tahan makanan paginyaSi kecil yang sudah terbiasa bangun lebih pagi akan terbiasa pula makan dengan lebih pagi. Cobalah untuk menunda sedikit sarapannya. Dengan begitu, si kecil akan bangun lebih siang untuk sarapan.

Itu dia trik untuk mengatasi bayi yang bangun terlalu pagi. Biasakan waktu tidur yang baik ya, Ma, agar kesehatannya juga tetap terjaga. (Niken/WhatToExpect)