Kenali Tanda-tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi

By Gisela Niken, Minggu, 14 Februari 2016 | 18:30 WIB
Kenali Tanda-tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sebagian Mama tidak tahu, tanda-tanda tumbuh gigi pada si kecil. Akibatnya, banyak Mama panik dan khawatir saat si kecil rewel, sedikit demam, dan gejala lain yang sering dikira penyakit lain, padahal si kecil sedang tumbuh gigi. Yuk, kenali tanda-tanda tumbuh gigi pada bayi berikut ini:Baca juga:Tip Mengatasi Bayi Rewel Saat Pertama Kali Tumbuh 

1. Mengeluarkan air liur lebih banyakTanda-tanda tumbuh gigi ini banyak dirasakan oleh bayi berusia lima hingga enam bulan. Selama kurang lebih 10 minggu, mulut mereka akan memproduksi air liur lebih banyak dari biasanya.

2. Muncul iritasi pada area mulutAir liur yang terus keluar dari mulut berakibat pada iritasi kulit di area mulut, dagu bahkan lehernya. Mama bisa mencegahnya lo. Mama bisa menyiapkan kain untuk membersihkan air liurnya atau berikan lotion untuk mengurangi kelembapan pada kulit si kecil.

3. BatukAir liur yang diproduksi lebih banyak menimbulkan batuk. Jika si kecil sering tersedak air liur, bisa jadi itu adalah tanda-tanda tumbuh gigi. Namun, ada pula kemungkinan bahwa si kecil jadi mudah terserang flu, batuk atau alergi lainnya.

4. MenggigitTekanan dari bawah gusi membuat bayi tidak nyaman lo, Mam. Ketidaknyamanan tersebut dapat sedikit teratasi. Jadi jangan kaget melihatnya senang mengigit apa pun. Ia akan mencari apa pun yang dapat ia gigit bahkan puting Mama

5. MenangisTanda-tanda tumbuh gigi pada bayi sebagian ditandai dengan menangis. Ketidaknyamanan pada gigi yang ia rasakan disampaikan dengan menangis dan merengek. Gigi pertama yang paling menyakitkan sebab yang biasa tumbuh pertama adalah gigi yang paling besar. Mama bisa berkonsultasi pada dokter mengenai obat penghilang nyeri.Baca juga: Agar Gigi Bayi Cepat Tumbuh(Niken/WhatToExpect)