5 Bahan Kimia Berbahaya dalam Produk Bayi

By Gisela Niken, Kamis, 11 Februari 2016 | 06:30 WIB
5 Bahan Kimia Berbahaya dalam Produk Bayi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sabun serta sampo yang dipakai bayi ternyata mengandung bahan kimia. Menurut sebuah survei yang dilakukan Environmental Working Group, seorang bayi terkena 27 bahan kimia setiap harinya dari produk perawatan yang digunakan. Nah, apa saja bahan kimia berbahaya dalam produk bayi yang perlu Mama hindari?Baca juga: Hati-hati Zat Kimia Pada Baju Bayi Anda 

1. Cairan pengharumMencari lotion yang harum pasti menjadi pilihan Mama. Tetapi,  pengharum dapat mengakibatkan alergi dan iritasi kulit.  Wanginya yang enak juga menutupi berbagai bahan kimia lain yang terkandung dalam produk.

2. Phthalates dan parabensDua bahan kimia ini berfungsi sebagai pengawet. Bahan phthalates sering dikaitkan dengan gangguan endokrin yang dapat menyebabkan masalah reproduksi. Sementara parabens menyebabkan masalah iritasi kulit dan kanker. Mama juga perlu berhati-hati sebab para peneliti telah menemukan dua bahan ini terkandung dalam produk pengharum.

3. FormalinBahan formalin ditambahkan ke dalam produk yang berbentuk cairan untuk mencegah terjadinya jamur. Kandungan di dalam formalin dapat mengakibatkan reaksi seperti gangguan pernapasan dan sakit kepala. Hindari produk yang mengandung formalin, quaternium-15, DMDM hydantoin, imidazolidinyl urea, diazolidinyl urea, polioksimetilen urea, natrium hydroxymethylglycinate, 2-bromo-2-Nitropropane-1,3-diol (bronopol), dan glyoxal.Baca juga: Ciri Makanan Mengandung Formalin 

4. 1,4-dioxaneBahan kimia dalam produk bayi ini biasanya tidak tercantum dalam label. Namun, produk ini biasa terdapat di dalam produk sabun. Untuk menghindarinya, jangan menggunakan produk yang mengandung sodium laureth sulfate, senyawa PEG dan bahan kimia yang  terdaftar sebagai xynol, ceteareth, dan oleth.

5. Vitamin A dan OxybenzoneJika dikonsumsi, vitamin A memang aman. Namun, jika digunakan pada tabir surya dan kulit yang langsung terkena sinar matahari bisa jadi masalah. Sebuah studi dari National Toxicology Program menunjukkan bahwa retinyl palmitate yang mengandung vitamin A dapat mempercepat perkembangan tumor.

Karena bahan kimia berbahaya dalam produk bayi banyak digunakan, cobalah lebih teliti saat memilih produk untuk si kecil. Usahakan untuk menggunakan produk yang menggunakan bahan alami. Tapi, Mama harus tetap melihat kandungan di dalam produk tersebut. (Niken/Fox News)