Tip Membuat Bayi Tidur Lelap di Mana Saja

By Ipoel , Sabtu, 6 Februari 2016 | 20:00 WIB
Tip Membuat Bayi Tidur Lelap di Mana Saja (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com- Mungkin kini si kecil sudah ‘pintar’ tidur dengan nyenyak di rumah, tapi mengapa mereka tidak bisa melakukan hal yang sama saat berada di tempat lain, seperti rumah mertua atau ibu Anda? Memang, beradaptasi di tempat baru merupakan hal yang sulit dilalui oleh si kecil, sebab mereka selalu terbiasa dan merasa nyaman dengan rutinitas dan situasi yang sama.

Karena mau tidak mau si kecil harus bisa tidur nyenyak di lain tempat, maka tip di bawah ini akan bantu Mama dan si kecil melewati proses transisi dengan lacar dan nyaman. Berikut tip membuat bayi tidur lelap di mana saja:

Tip #1 Lakukan perubahan jika perlu.

Sebelum bepergian ke luar rumah, periksa kembali apakah rutinitas tidur si kecil butuh perubahan apa tidak. Pastikan rutinitas tidur harus singkat dan menyenangkan, dan mudah diaplikasikan di tempat lain. Sebab bayi yang tergantung ‘senjata’ tersendiri untuk bisa tidur lelap, seperti kursi atau boks bayi khusus, biasanya akan mengalami waktu adaptasi yang jauh lebih sulit di tempat baru. Jadi, biasakan si kecil untuk mengenal beberapa rutinitas tidur baru sebelum pergi.

Tip  #2 Lakukan latihan.

Apabila Anda merencanakan untuk membawa ‘rumah’ portabel, coba pasangkan dulu di rumah beberapa hari sebelum hari kepergian. Gunakanlah ‘rumah’ baru tersebut ketika si kecil ingin tidur biar mereka beradaptasi terlebih dulu. Jangan lupa untuk memindahkan ‘rumah’ portabel mereka dari satu area ke area lain yang ada di rumah Anda, termasuk kamar tidur si  kecil. Latihan ini akan membuat proses menidurkan si kecil menjadi lebih mudah nantinya.

Tip #3 Hadirkan situasi yang sama.

Supaya si kecil tidak terlalu kaget dengan situasi baru, Anda bisa menghadirkan sesuatu yang bisa mengingatkan si kecil akan situasi rumah, seperti selimut kesayangan, menyetel lagu atau membacakan cerita favorit mereka sebelum tidur. Trik ini mampu bantu menenangkan si kecil.

Tip #4 Hilangkan ketakutan si kecil.

Tidur di tempat baru akan membuat anak merasa tidak nyaman dan takut. Karena itu, tidak sedikit bayi yang jadi rewel dan menanggis ketika mereka tahu orang tua pergi meninggalkan mereka sendiri di kamar. Ketika mereka nangis, tengok si kecil setiap beberapa menit sekali untuk meyakinkan mereka Anda ada dan mereka ada di tempat yang aman.

Mau mencoba kiat agar bayi dapat tidur lelap di mana saja Mam? (AA)