Tip Atasi Perbedaan Pendapat dengan Si Nenek

By Ipoel , Sabtu, 6 Februari 2016 | 21:00 WIB
Tip Atasi Perbedaan Pendapat dengan Si Nenek (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com- Suka atau tidak, ibu atau mertua Anda memiliki pengalaman dan masukan seputar merawat anak yang banyak sekali, dan biasanya mereka akan mencekoki Anda dengan hal-hal tersebut di setiap kesempatan yang mereka miliki. Coba lakukan tip ini untuk atasi perbedaan pendapat dengan si nenek, baik orangtua maupun mertua:

Tip #1 Coba dalami nasihat terlebih dulu.

Mungkin terkesannya ibu atau mertua hanya ingin membuat Anda sedih ketika mereka menyarankan jadwal tidur yang baru atau mengkritik metode berserdawa Anda pada si kecil. Tapi hampir semua nenek benar-benar hanya ingin membantu Anda . Begitulah cara mereka untuk bisa ikut terlibat. Mereka sudah menjalani proses ini sebelumnya, jadi mereka paham benar apa yang akan Anda hadapi. Ini juga bukan berarti semua masukan mereka benar, atau Anda harus menjalani semua perintahnya. Tapi ini hanya ingin menggambarkan bahwa niat mereka baik. Sayangnya, niat baik sulit disadari ketika Anda sedang kurang tidur dan letih merawat si kecil. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba loh.

Tip #2 Tahu pendirian Anda.

Hal pertama yang harus diingat: Andalah orang tua si kecil. Jadi milikilah percaya diri terhadap kemampuan yang Anda miliki, dimana masukan orang lain tidak bisa menggoyahkan Anda. Untuk hal-hal yang prinsipil, Anda tidak memerlukan persetujuan terlebih dulu. Anda dan pasangan lah yang memegang kendali penuh terhadap anak Anda.

Tip #3 Atasi perbedaan pendapat dengan si Nenek dengan Ambil jalan damai.

Selain menentukan batas-batas aturan yang tepat, Anda juga harus bisa membangun hubungan yang positif bersama ibu dan mertua. Kadang dalam hal merawat si kecil, emosi Anda akan mudah tersulut. Ingat Anda menginginkan kedamaian dan rasa saling menghargai, bukan balas dendam.

Tip #4 Senyum dan dengarkan.

Bukan karena Anda mendengarkan nasihat itu artinya Anda harus mengikutinya, bukan? Anda tak perlu menciptakan suasana stres pada masa-masa yang seharusnya membahagiakan bagi Anda. Tunjukkan rasa sopan dengan tetap mendengarkan nasihat yang diberikan. Jika baik Anda bisa lakukan, jika menurut Anda tidak ya berikan senyuman saja.

Tip #5 Abaikan nasihat sepele.

Terkadang ibu atau mertua suka memberikan komen dan nasihat yang Anda pun sudah tahu. Memang terkadang terasa menyebalkan, tapi abaikan saja. Tidak perlu melakukan konfrontasi terhadap hal-hal sepele, kecuali nasihat mereka menyebab Anda sakit hati dan timbulkan perasaan tidak nyaman. Sebab konfrontasi akan sebabkan mereka ‘pergi’, membicara Anda di belakang, dan tidak merasa jadi bagian dalam tim Anda.

Tip #6 Mengkonfrontasi nasihat yang kasar.