Kenapa Gigi Anak Telat Tumbuh?

By Gisela Niken, Jumat, 5 Februari 2016 | 22:00 WIB
Kenapa Gigi Anak Telat Tumbuh? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Normalnya, gigi bayi akan mulai berkembang di usia tiga hingga empat bulan meskipun di usia ini gigi memang belum terlihat. Jika di usia lebih dari satu tahun si kecil belum tumbuh gigi, itu berarti giginya telat tumbuh. Pada beberapa kasus gigi pertama bisa tumbuh di usia 18 bulan. Lalu, kenapa gigi anak telat tumbuh?

1. Faktor keturunanGigi anak telat tumbuh bisa karena dipengaruhi oleh faktor keturunan. Jika dulu Mama dan Papa mengalami terlambat tumbuh gigi, pasti menurun kepada si kecil. Faktor ini tidak hanya datang dari Mama dan Papa. Bisa juga diturunkan dari kakek dan neneknya.

2. Kurang giziGigi yang telat tumbuh memang hanya satu dari banyak gejala si kecil kekurangan gizi. Bayi yang mengalami kekurangan gizi bisa dilihat dari kondisi fisiknya. Kekurangan gizi juga bisa terjadi karena asupan ASI yang kurang. Agar gigi tumbuh normal bayi memerlukan vitamin A, vitamin C, vitamin D, kalsium, dan fosfor yang cukup.

3. Kurangnya hormon tiroidHormon tiroid berperan penting dalam setiap perkembangan tubuh manusia. Kekurangan hormon tiroid khususnya pada bayi ditandai dengan gigi yang telat tumbuh.

Sekarang, Mama sudah tahu kenapa gigi anak telat tumbuh. Jika si kecil masih ompong di usia 18 bulan, Mama perlu membawanya ke dokter gigi untuk mengetahui lebih lanjut alasan gigi anak telat tumbuh(Niken/Live Strong)