Agar Momen Makan Batita Lebih Menyenangkan

By Puri, Rabu, 8 Juli 2015 | 07:00 WIB
Agar Momen Makan Batita Lebih Menyenangkan (Puri)

Tabloid-Nakita.com - Memberi makan bukan hanya sekadar membuat batita kenyang, yang terpenting adalah mengajari ia untuk menghargai makanan dan menyukai sesi makan. Untuk itu, Ibu harus mengamati perilaku makan si kecil. Apakah susah makan terjadi setiap saat atau ada momen dimana batita makan lebih banyak? Ibu dapat mencari tahu apa yang membuat ia lebih tertarik dengan makanan sehingga dapat menyusun strategi dalam membuat menu masakan.Nah, berikut adalah beberapa hal yang dapat Ibu lakukan agar momen makan batita lebih menyenangkan:

1. Berikan dalam jumlah sedikitJika Ibu ingin mengenalkan menu makanan baru, maka berikan menu tersebut dalam jumlah yang sedikit. Berikan sesering mungkin dengan jangka waktu tertentu, misalnya, setiap tiga hari sekali. Ini karena batita membutuhkan waktu untuk mengenali rasa baru pada makanan.

2. Sajikan dengan tampilan yang menarikBeberapa anak lebih tertarik dengan tampilan makanan yang berbeda. Jadi, Ibu dapat menyajikan makanan dengan tampilan menarik. Belajarlah dari buku-buku dan internet bagaimana menata saji makanan anak.

3. Beri kesempatan memilih Memberi kesempatan si batita memilih dan menyantap makanannya sendiri. Namun, tak berarti ia dibebaskan begitu saja. Makanan yang tidak ia suka harus menjadi menu wajib, sementara makanan lainnya boleh ia pilih sendiri.

4. Beri kesempatan makan sendiriKesempatan menyantap makanan sendiri dapat membuat batita lebih mau makan. Oleh karena itu, beri kesempatan kepada batita untuk memegang sendok atau memasukkan makanan ke dalam mulutnya sendiri.

5. Modeling dari orangtuaModeling merupakan salah satu faktor yang berperan dalam pembentukan perilaku makan pada anak. Biarkan anak melihat cara kita makan dan apa saja yang dimakan. Apabila si batita melihat orangtuanya makan dengan lahap beraneka makanan yang bervariasi, ia akan cenderung lebih termotivasi untuk melakukan hal yang sama.6.    Beri apresiasiTak ada salahnya untuk memberikan apresiasi pada setiap pencapaian batita dalam hal makan. Tujuannya adalah agar ia semakin termotivasi untuk makan sendiri.Selamat tinggal sulit makan!