Mengajak Si Batita Belajar Musik

By Santi Hartono, Selasa, 5 Mei 2015 | 08:00 WIB
Mengajak Si Batita Belajar Musik (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Musik memberikan banyak manfaat bagi manusia. Untuk orang dewasa, musik bisa meringankan suasana hati, membantu Mama dan Papa berkonsentrasi, meredakan stres, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara bagi si kecil, musik bisa membantu meningkatkan perkembangan verbal dan visualnya, sekaligus menajamkan kemampuan otaknya. Dengan begitu banyak manfaat musik, tak ada salahnya jika Mama mengajak si batita belajar musik sejak dini.  

Entah Mama memasukkan si kecil ke dalam sekolah musik atau pun ke kursus alat musik, ia akan tetap mendapatkan beragam manfaat dari paparan musik yang ia terima. Anak-anak bisa mulai mengikuti pelatihan musik secepat-cepatnya setelah mereka berumur 3 tahun, ketika bagian otaknya yang berfungsi mempelajari musik sudah matang. Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh University of California menunjukkan bahwa mempelajari musik saat berumur 3 tahun bisa meningkatkan kemampuan otak anak. Meski begitu, banyak guru piano menyarankan agar anak menunda belajar alat musik hingga mereka berumur 5 tahun, ketika tangan mereka sudah lebih besar dan mereka sudah lebih siap untuk duduk diam dan berkonsentrasi.

Jika Mama merasa si kecil belum cukup siap untuk dimasukkan ke dalam sekolah-sekolah musik, Mama bisa mengajak si batita belajar musik di program-program musik khusus balita, yang lebih bertujuan untuk membina kecintaan anak pada musik, irama, dan mengajari anak-anak mengekspresikan diri. Dengan menjelajahi bunyi-bunyian yang berbeda dari alat-alat musik yang berbeda pula, serta mengenali perasaan yang muncul setelah mendengarkan musik, buah hati Mama akan lebih bisa belajar menghargai musik dibandingkan ketika ia dipaksa untuk menghapal tangga nada.

Apabila buah hati Mama sudah siap untuk mengikuti sekolah musik formal, pertimbangkanlah untuk memulainya dengan piano, karena dengan piano si kecil tak perlu menggerakkan jari-jemarinya serumit jika ia berusaha mempelajari gitar atau biola. Yang sebaiknya diingat bahwa ketika mengajak si batita belajar musik di usia ini, hal yang paling penting sesungguhnya adalah agar ia bisa menikmati dirinya sendiri. Pastikan bahwa instruktur di tempat anak Mama belajar musik bisa mengajari anak-anak yang masih muda dengan baik dan menjaga suasana kelas menyenangkan dan tidak membosankan.