Tip Buat Anak Suka Membaca

By Ipoel , Rabu, 15 April 2015 | 11:08 WIB
Tip Buat Anak Suka Membaca (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Sejak dulu membaca dipercaya sebagai ‘alat’ belajar yang paling penting. Jika anak tidak bisa membaca, maka mereka tidak bisa belajar. Sehinga membaca adalah salah satu hal pertama yang orangtua ingin ajarkan pada anak mereka.

Karena besarnya manfaat dari membaca, sebagai orang tua Anda mungkin tidak hanya ingin si kecil mengerti bagaimana cara membaca saja, melainkan bisa jatuh hati dengan aktivitas membaca. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tip buat anak suka membaca:

Tip #1 Jadilah contoh.

Kebiasaan anak dibentuk dari rumah. Karenanya jadilah contoh yang baik selama di rumah. Setiap kali memiliki waktu luang, ambilah buku atau majalah, lalu duduk dan bacalah. Perlihatkan pada si kecil bahwa Anda suka membaca, dan tunjukkan kalau membaca itu adalah aktivitas yang menyenangkan

Tip #2 Mulai sedini mungkin.

Tidak ada kata terlalu awal untuk membiasakan anak suka membaca. Anda bisa mulai membacanya dongeng setiap malam sebelum si kecil tidur. Membuat membaca menjadi salah satu bagian dari rutinitas mereka sebelum tidur, seperti menggosok gigi atau mengenakan piyama, akan jadikan si kecil terbiasa untuk membaca dan merasa senang melakukannya. Plus, membacakan dongeng tiap malam mampu lebih merekatkan hubungan Anda dengan anak.

Tip #3 Pilihlah buku yang tepat.

Lebih selektiflah dalam memilih buku bacaan untuk anak. Cari buku yang didesain khusus sesuai dengan kebutuhan setiap usia anak. Untuk cerita, pilihlah buku dengan akhir cerita yang baik. Sebab Anda perlu menciptakan suasana bahagia dalam kegiatan membaca mereka.

Tip #4 Jadilah bagian dari cerita.

Penting untuk menyuntikan ketertarikan Anda pada buku saat membacakan si kecil cerita. Ketika cerita mulai menengangkan, lambatkan kecepatan baca Anda dan bangun suasana tegang. Jika sedih, rendahkan suara dan tampilan raut sedih. Apabila ceritanya  menarik, tunjukkan suasana menyenangkan tersebut lewat gaya Anda bertutur.

Dengan begitu kecintaan Anda akan membaca bisa nampak, dan ini akan diikuti oleh si kecil. Ujungnya, si kecil juga akan menjadikan aktivitas membaca sebagai hal yang menarik bagi mereka.

Tip #5 Jangan lakukan secara terburu-buru.

Ketika membaca, jangan hanya membaca dan membalikkan halaman saja. Beri kesempatan mata si kecil menjelajah halaman per halaman dengan baik. Ini akan bantu mereka memahami apa yang sedang dibaca. Biarkan mereka mencerna  gambar dan kata yang ada di setiap halaman. Kesempatan ini akan membuat aktivitas membaca seperti ‘petualangan’ bagi anak.

(Lina Herlina, Pustakawan, Pengamat Minat Baca)