Ini Cara Agar Anak Terbiasa Makan Sehat

By Ipoel , Kamis, 9 April 2015 | 09:45 WIB
Ini Cara Agar Anak Terbiasa Makan Sehat (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Mulai frustrasi karena anak Anda mulai suka memilih-milih makanan? Jika iya, Anda tidak sendiri. Sebab banyak ibu juga memiliki masalah yang sama. Terutama dalam membiasakan anak untuk mengonsumsi makanan sehat. Tapi itu bukan berarti jalan Anda buntu kok. Mungkin Anda belum mencoba semua cara.

Berikut trik rahasia membuat anak terbiasa makan sehat, yang mungkin Anda lakukan sebelumnya. Selamat mencoba!

Trik #1 Cari tahu 5-10 makanan sehat yang si kecil suka.

Ketika Anda sudah mengetahuinya, maka selanjutnya adalah mencari beberapa cara lain untuk menyuguhkan makanan-makanan sehat yang anak Anda sukai tersebut. Anda harus kreatif dalam menemukan resep-resep baru untuk memadu padankan bahan makanan sehat favorit anak. Misal kentang goreng diganti menjadi kentang panggang, atau sayuran  yang dulunya dibuat sup diubah menjadi ditumis.

Trik #2 Ajak si kecil iku partisipasi.

Buat anak ikut terlibat dalam pemilihan makanan sehat untuk keluarga Anda. Giring anak ke bagian sayur dan buah, lalu minta mereka untuk bisa memilih buah dan sayuran apapun yang mereka inginkan. Memberikan mereka kuasa untuk memiliki akan mendorong si kecil untuk lebih bertanggung jawab terhadap apa yang mereka pilih.

Trik #3 Terima resep pesanan anak.

Sudah mulai kehabisan ide membuat  menu sehat untuk anak? Jangan segan untuk meminta ide atau pesanan dari mereka. Misal si kecil sedang ingin makan pizza, Anda bisa membuat home-made pizza dengan versi yang lebih sehat. Jika perlu, ajak anak untuk ikut membuat menu pesanan mereka. Sebab ikut ambil bagian dalam mempersiapkan makanan, akan meningkatkan kecintaan anak dalam menyantap makan tersebut.

Trik #4 Hanya sajikan yang sehat.

Ingin anak memiliki pola makan sehat? Berikan hanya pilihan yang sehat juga. Jika si kecil tidak disuguhkan pilihan makanan yang sehat, maka mereka akan mencari dan memilih pilihan yang lebih ‘enak’.

Trik #5 Ingat penampilan itu penting.

Mungkin Anda bukanlah juru masak profesional tapi setidaknya Anda bisa menyediakan sedikit waktu untuk menata makanan untuk si kecil sebelum menyuguhkannya. Ingat kita semua makan dengan ‘mata’, sehingga meluangkan waktu lebih untuk membuat makanan tampak lebih indah akan membuat orang yang ingin makan akan lebih nafsu untuk menyantapnya. (AA)