Ini Waktu Pas Mengajarkan Anak Berhitung

By Ipoel , Kamis, 9 April 2015 | 11:00 WIB
Ini Waktu Pas Mengajarkan Anak Berhitung (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Waktu pas mengajarkan anak berhitung harus dipikirkan secara matang. Sebab, terkadang banyak orangtua suka terburu-buru dalam mengajarkan sesuatu pada anaknya. Semua ingin serba cepat  bisa, dan pastinya tidak ingin ketinggalan dengan anak yang lain. Salah satunya dalam hal mengajarkan anak berhitung. Sebenarnya, kapankah usia paling pas untuk mengenalkan anak dengan angka?

Anda sudah bisa mengenalkan angka-angka ketika anak Anda berusia 12 bulan. Anda bisa memulainya dengan menghitung barang dalam jumlah sedikit yang ada di sekita si kecil. Misal, ketika Anda mengancingkan baju si kecil, Anda bisa sambil menghitung kancing yang ada. Atau Anda juga bisa menyanyikan lagu yang berisikan angka, seperti ‘satu-satu aku sayang ibu’.

Ketika anak sudah berusia 2 tahun, si kecil sudah mampu berhitung hingga 10 tanpa mereka sadari. Walaupun sebenarnya mereka sendiri belum mengerti tentang konsep menghitung benda. Jangan khawatir jika mereka berbuat kesalahan saat berhitung, sebab ketika si kecil melafalkan angka artinya mereka sedang belajar mengucapkannya dengan nama yang benar.

Selanjut anak akan belajar untuk menunjuk benda dan menamakannya dengan angka. Manfaatkan kegiatan sehari-hari Anda bersama si kecil untuk melakukan kegiatan berhitung bersama-sama.

Seiring dengan bertambahnya umur, anak Anda akan mulai mengerti konsep bahwa menambahkan benda artinya menambahkan jumlah angka yang dihitung.  Dan juga sebaliknya, ketika mengambil benda akan menurunkan angka hitungan.

Untuk mendorong perkembang berhitung anak, coba ajak mereka menghitung benda sehari-hari yang ada di sekitar mereka. Contoh jumlah wortel dalam sup mereka, banyak boneka di atas kasur, blok mainan mereka atau jumlah buah apel di atas piring. (AA)