Autisme Bisa Disembuhkan?

By Ipoel , Selasa, 24 Maret 2015 | 08:30 WIB
Autisme Bisa Disembuhkan? (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Autis adalah sebuah gangguan atau kelainan pada perkembangan sistem saraf seseorang. Autis sendiri diprediksi dialami oleh 1 dari 68 anak. Berdasarkan dari CDC (Center for Disease Control and Prevention), kini makin banyak anak yang didiagnosa dengan gangguan autistik ketimbang sebelumnya. Para ahli belum  yakin benar apakah autis menjadi gangguan yang semakin umum, atau apakah kini dokter semakin baik dalam mendiagnosa kelainan ini. Apakah autisme dapat disembuhkan?

Lalu, apakah autis bisa disembuhkan? Jawabannya: hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan kelainan perkembangan sistem saraf ini. Terlebih jika Anda berpikir sembuh itu berarti anak autis mampu berpikir dan bertindak layaknya anak-anak lain tanpa bantuan, tanpa menjalankan terapi atau mengonsumsi pengobatan tertentu.

Tapi pengobatan tertentu mampu membuat perkembangan anak menjadi relatif normal dan menekan tingkah laku yang tidak diinginkan. Anak autis umumnya membutuhkan lingkungan yang sangat terstruktur dan menerapkan rutinitas.  

Sebenarnya, anak autis dikatakan sembuh itu jika mereka mampu hidup mandiri, bisa berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik, memiliki perilaku yang terkendali atau normal, serta memiliki pengetahuan akademik yang cukup sesuai dengan usia mereka.

Untuk mencapai ‘sembuh’ itu, anak autis perlu pengobatan serta terapi yang pas, seperti di bawah ini:

Autisme dapat disembuhkan bukan?